Surat Asli Harry Potter Masuk Hogwarts Dilelang Puluhan Juta

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 08/09/2017 09:02 WIB
Surat Asli Harry Potter Masuk Hogwarts Dilelang Puluhan Juta Surat asli penerimaan Harry Potter masuk ke sekolah sihir Hogwarts dilelang untuk para “Muggle” dan diperkirakan akan berharga puluhan juta rupiah. (Foto: Dok. Warner Bros via youtube.com/parodypieshow)
Jakarta, CNN Indonesia -- Surat asli penerimaan Harry Potter untuk masuk ke sekolah sihir Hogwarts kini tengah dilelang untuk para “Muggle” dan diperkirakan akan berharga puluhan juta rupiah.

Amplop yang dialamatkan kepada Harry di “The Cupboard Under the Stairs, 4, Privet Drive” itu dilelang melalui Prop Store, sebuah rumah lelang koleksi properti perfilman.

Beberapa surat penerimaan ini ditampilkan dalam film pertama Harry Potter yang bertajuk Harry Potter and The Philosopher’s Stone (2001). Meski demikian, surat-surat itu “bertakdir” sama, yakni disobek atau dibuang di tungku perapian oleh paman Harry.
Surat yang dilelang ini merupakan yang asli, yang disampaikan langsung oleh Hagrid kepada Harry dalam film tersebut. Prop Store pun memulai lelangnya dengan harga 1.500 poundsterling (Rp26 juta) hingga 5.000 poundsterling (Rp87 juta).


Berdasarkan deskripsi produk, amplop itu berukuran 7 inch dan terbuat dari kertas dengan efek marmer. Kertas itu dicetak dengan tinta emerald khas Hogwarts dengan lambang sekolah sihir itu di bagian belakang.

Tak hanya itu, amplop tersebut disegel dengan segel lilin merah Hogwarts yang asli. Segel ini juga yang membedakan surat penerimaan yang dilelang ini dengan surat lainnya yang digunakan saat syuting.
Surat penerimaan asli ini diantar langsung oleh Hagrid kepada Harry.Surat penerimaan asli ini diantar langsung oleh Hagrid kepada Harry. (Foto: Dok. Warner Bros via youtube.com/parodypieshow)
“Amplop ini masih tersegel dengan sebuah surat yang nampak di dalamnya. Amplop ini masih dalam kondisi yang sangat baik; segel lilinnya retak dan dua bagian kecilnya hilang, namun lambang Hogwarts masih bisa teridentifikasi dengan jelas,” tulis pelelang dalam deskripsi produknya di laman lelang mereka di Prop Store.

“Awalnya dijual dalam sebuah lelang amal, amplop ini disertai dengan sebuah surat keterangan donasi dari Warner Bros dan sebuah salinan surat tersebut di dalamnya.”

Properti lain dari film waralaba tersebut juga dilelang, termasuk Howler milik Ron Weasley yang muncul dalam Harry Potter and The Chamber of Secrets (2002), beberapa item yang ditandatangani Daniel Radcliffe, dan sejumlah memorabilia film lainnya, seperti jam kantong dan poster.
Selain dilelang secara daring melalui situs Prop Store, barang-barang tersebut juga bisa ditawar langsung di London, Inggris pada 26 September mendatang.

[Gambas:Youtube]