FOTO: Ribuan Pasangan Nikah Massal di Korsel

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 08/09/2017 06:49 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan pasangan dari 64 negara bertukar janji pernikahan di Korea Selatan pada Kamis (7/9), dalam sebuah upacara pernikahan massal.

Sekitar 4.000 pasangan dari 64 negara bertukar janji pernikahan di Korea Selatan pada Kamis (7/9), dalam sebuah upacara pernikahan massal yang dilakukan oleh Unification Church yang didirikan oleh pendeta Moon Sun Myung. (AFP PHOTO/Ed JONES)
Unification Church, sebanyak 20 ribu pasangan dari seluruh dunia berpartisipasi dalam upacara tersebut melalui internet. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Janda Moon Sun Myung, Hak Ja Han, diresmikan pada upacara Kamis, yang disaksikan oleh sekitar 30 ribu pengikut gereja dan tamu yang berkumpul di Cheong Shim Peace World Center milik gereja yang terletak di Gapyeong, sekitar 75 kilometer di utara Seoul. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Moon Sun Myung, yang meninggal pada 2012 pada usia 92 tahun, telah memimpin pernikahan massal sejak awal 1960an. (AFP PHOTO/Ed JONES)
Moon Sun Myung merupakan tokoh yang menuai kritik karena sejumlah kontroversi dan pernah dipenjara hampir setahun di Amerika Serikat atas kasus penggelapan pajak. Pada 1992, dia juga menyatakan bahwa istrinya adalah Mesias. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Para kritikus selama bertahun-tahun telah menyebut organisasi tersebut sebagai sebuah kultus, mempertanyakan keuangannya dan bagaimana indoktrinasi pengikut, yang kadang-kadang secara rendahan dikenal sebagai “Moonies.” (REUTERS/Kim Hong-Ji)
“Upacara yang diberkati alam” ini diadakan untuk menandai peringatan kematian Moon Sun Myung yang ke-lima tahun. Gereja menyebut, “Peringatan Ke-5 Tahun Kenaikan Matahari Moon Sun Myung, Orangtua Asli Surga, Bumi dan Umat Manusia. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Dalam memberkati, Moon Hak Ja Han menyipratkan “air suci” kepada masing-masing mempelai yang berbaris di atas panggung dan menyatakan mereka terikat di dalam nikah. Upacara tersebut juga memungkinkan pasangan yang ada untuk memperbarui sumpah pernikahan mereka. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Mungkin mengejutkan, pernikahan-pernikahan ini memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi darupada pernikahan cinta tradisional. Hanya 17 persen dari 2.075 pasangan yang dijodohkan oleh Moon Sun Myung pada 1982 dalam sebuah upacara di Madison Square Garden di New York. (AFP PHOTO/Ed JONES)
Pada upacara-upacara awal kultus ini, hanya beberapa pasangan saja yang terlibat. Namun, jumlah ini meningkat tajam dalam beberapa tahun belakangan. Pada 1997, 30 ribu pasangan meresmikan hubungannya di Washington, dan dua tahun kemudian sekitar 21 ribu di Olympic Stadium di Seoul. (AFP PHOTO/Ed JONES)