Video Iwan Fals Bawa Lagu Kritik Janji Jokowi Kembali Viral

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 15/09/2017 18:45 WIB
Video Iwan Fals Bawa Lagu Kritik Janji Jokowi Kembali Viral Iwan Fals kembali menciptakan sebuah lagu untuk mengkritik pemerintah, kali ini janji Nawacita Joko Widodo jadi sasarannya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lagu Iwan Fals yang mengkritik janji pemerintah kini kembali viral di media sosial. Iwan Fals membawakan lagu kritikan untuk Presiden Joko Widodo ketika sedang manggung menghibur para penggemarnya.

Padahal, Iwan menyanyikan lagu itu sudah sejak dua tahun yang lalu. Lagu ini dibawakan Iwan ketika tampil dalam konser 'Iwan Fals Untukmu Indonesia' pada 21 November 2015.

Namun video saat Iwan menyanyikan lagu ini kembali viral setelah diunggah ulang oleh akun Nardi Tanjong di Facebook. Netizen lantas langsung menyambut lagu ini lantaran dianggap masih relevan dengan kondisi saat ini.


Dalam video itu, seperti biasa, Iwan bernyanyi sambil membawa gitar dan mengalungkan harmonika yang ia tiup di kala jeda lagu.

Dari awal hingga penghujung lagu, Iwan Fals merinci janji-janji sembilan janji Jokowi yang terangkum dalam Nawacita.


"Ada sembilan janji yang sangat terkenal/ Apakah ini janji surga atau janji kompeni?/ Temanku bilang Nawacita namanya/ Agar Indonesia sejahtera disegani dunia/ Juga menggetarkan yang di surga," lantun Iwan Fals membuka lagu tersebut.

"Hanya memang perlu waktu/ Semoga kita sabar menunggu/ Semoga janji mu bukan janji palsu/ Janji Jokowi semoga terbukti/ Janji Jokowi sungguh dinanti nanti," senandung Iwan.

Iwan lalu menyanyikan sembilan agenda Jokowi dalam Nawacita mulai dari dana desa, kepemilikan tanah untuk petani, pembangunan irigasi, hingga penguatan bulog.


Pun soal satu juta hektare lahan baru di luar Pulau Jawa, perbaikan pasar tradisional, pusat pengolahan ikan, sampai industri kreatif juga disinggung Iwan.

Bahkan, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar juga ada dalam lagu Iwan Fals ini. Penghujung lagu itu sekaligus penanda pengharapan Iwan agar Jokowi tak ingkar janji.

"Akhir kata semoga semua janji ini benar-benar terwujud/ Janji Jokowi bukan sembarang janji/ Janji Jokowi janji Presiden RI/ Janji Jokowi bagi ibu pertiwi/ Janji Jokowi semoga bukan janji kompeni/" lantunan Iwan diakhir lagu.

[Gambas:Videofb]

Video Iwan menyanyikan lagu ini viral di media sosial. Video itu sudah disaksikan lebih dari 200 ribu kali di Facebook. Video itu juga dibagikan lima ribu kali. Video yang viral itu diketahui diunggah pada 10 September 2017, namun sebenarnya kontennya sudah sejak 2015.

Netizen melontarkan beragam respons terhadap nyanyian Iwan Fals ini.


"Lagu ini berisi harapan rakyat Indonesia," kata akun bernama Afif Triyanto.

"Mantabz Kang Iwan F, Masa Jabatan Belum Berakhir Semoga Janji Terpenuhi," tulis akun Kinashi Rahmad.

Iwan Fals merupakan penyanyi senior Indonesia yang terkenal lewat lagu-lagunya yang kerap menyindir pemerintah di era Orde Baru.

Sejumlah lagu terkenal menyindir para penguasa negeri, mulai dari Bento, Sarjana Muda, Surat Buat Wakil Rakyat, Guru Oemar Bakrie, hingga Tikus-Tikus Kantor.

Catatan Redaksi: Berita ini awalnya muncul dengan judul 'Viral, Iwan Fals Bawa Lagu Kritik Janji Jokowi.’ Namun video viral itu sebenarnya sudah diunggah sejak 2015 dan kembali diviralkan akun yang berbeda di media sosial di tengah kondisi perpolitikan sekarang. Dengan demikian berita sudah diperbaiki pada Senin (18/9). Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima kasih.