Kate Middleton Kenalkan Film Animasi soal Kesehatan Mental

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 20/09/2017 13:23 WIB
Kate Middleton Kenalkan Film Animasi soal Kesehatan Mental Kate Middleton memperkenalkan sebuah film animasi karya Anna Freud National Centre for Children and Families yang fokus membahas soal kesehatan mental. (REUTERS/Chris Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kate Middleton memperkenalkan sebuah film animasi karya Anna Freud National Centre for Children and Families yang fokus membahas soal kesehatan mental.

Kate, yang merupakan pelindung organisasi tersebut, memulai videonya dengan menyapa pemirsa dan menjelaskan soal kesehatan mental.

“Halo, kesehatan mental adalah bagaimana kita merasakan dan berpikir. Sesuatu yang tidak bisa dilihat namun bisa berdampak kepada kita setiap hari, dan membicarakan tentang itu bisa terasa sulit,” ujarnya.
Putri Cambridge ini lantas memaparkan soal keuntungan seseorang dalam membicarakan kesehatan mentalnya dengan orang lain, dan bagaimana orang-orang bisa mendukung temannya dengan mendengarkan.


“Itu membantu kita semua untuk membicarakan tentang kesehatan mental kita: apa yang kita katakan dan kepada siapa kita berbicara ketika kita memiliki perasaan yang terlalu besar untuk dirasakan sendiri,” katanya.

“Dan bagaimana untuk mendengarkan dan membantu jika salah satu dari teman kita tengah menemukan kesulitan. Kadangkala sebuah perbincangan sederhana bisa membuat hal lebih baik.”

[Gambas:Youtube]
Film animasi ini dibintangi oleh beberapa siswa yang digambarkan dengan sidik jari. Sama halnya dengan bagaimana sidik jari setiap orang berbeda, setiap siswa mengalami emosi-emosi berbeda di waktu yang berbeda dan masing-masing dari mereka menghadapinya dengan cara yang unik.

Klip ini membedakan antara “perasaan kecil” yang dialami orang setiap hari (seperti kebahagiaan dan kemarahan) dan “perasaan besar” yang tidak bisa pergi dan menghalangi orang untuk menjalani kehidupannya.

Salah satu karakter, Jay, berjuang untuk menghadapi perasaan besar sendiri.
“Apakah saya di dalam rimba? Apakah saya di dalam laut? Kepala saya berputar. Apakah kau akan menyelamatkan saya?” ujar Jay dalam film itu.

“Perut saya sakit. Saya tidak bisa tidur di malam hari. Saya tidak bisa berkonsentrasi di sekolah. Ini terasa seperti saya memiliki gunung vulkanik di dalam badan saya yang semakin lama semakin panas,” imbuh Jay.

Meski demikian, Jay berjuang mencari orang yang paling tepat untuk berbicara. Film animasi ini menyediakan tips tentang bagaimana meminta pertolongan, bagaimana menjadi pendengar yang baik saat ada seseorang meminta pertolongan, dan bagaimana anak-anak bisa berbicara kepada orang dewasa saat mereka membutuhkan bimbingan lebih jauh.
Jay akhirnya mengutarakan isi hatinya kepada temannya, Jack yang menceritakan kepada pelatih renangnya soal perasaan Jay. Jay mulai mendapatkan pertolongan yang ia butuhkan dan merasa lebih baik.

Kate Middleton telah mengerjakan proyek kesehatan mental lainnya dengan suaminya, Pangeran William dan adik iparnya, Pangeran Harry sebagai bagian dari kampanye Heads Together.

Salah satu kegiatan mereka adalah dengan membagikan ikat kepala Heads Together dan bertemu dengan para pelari marathon di London Marathon. Ketiganya pun membagikan sebuah video yang menampilkan mereka tengah berbincang secara personal soal kesehatan mental.

[Gambas:Youtube]