10 Nama Selebriti Penyebar Virus Berbahaya di Internet

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 20/09/2017 19:03 WIB
10 Nama Selebriti Penyebar Virus Berbahaya di Internet Nama Craig David memuncaki daftar selebriti yang paling banyak menyebarkan virus di internet tahun ini. (REUTERS/Neil Hall)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial dan internet kerap digunakan penggemar untuk mencari informasi atau berinteraksi dengan penggemarnya. Karenanya, banyak pihak yang memanfaatkan nama-nama selebriti untuk hal tak bertanggungjawab, seperti menyebarkan virus.

Kini, diberitakan NME, terdapat sejumlah nama selebriti yang apabila dicari secara online akan mengarah pada situs yang menyebarkan virus.

Nama penyanyi solo asal Inggris Craig David disebutkan berada di urutan pertama yang memiliki kemungkinan terbesar menyebarkan virus ke perangkat komputer saat dicari via interrnet.
Daftar itu dibuat dari survei tahunan terhadap selebriti yang namanya paling mungkin digunakan penjahat dunia maya untuk memancing pengguna ke situs berbahaya. Sebelum David, daftar itu dipimpin Ellie Goulding sebagai nama paling berbahaya untuk dicari di internet.


Nama pelantun Unbelievable itu diikuti sejumlah selebriti lain seperti Emeli Sande, Liam Payne, dan Adele. Tawaran konten baru dan gratis yang memajang nama selebriti inilah yang kerap memancing pengguna internet tergiur lalu terjebak situs berbahaya.

"Setelah album hit terbaru, video dan film yang tersedia dalam perangkat yang terhubung merupakan proposisi yang menggoda. Namun, konsumen perlu menyadari risiko keamanan siber dengan mengklik tautan yang menjanjikan konten terbaru dari selebriti, terutama yang menawarkan konten gratis," kata Nick Viney, selaku Vice President McAfee.
Viney menegaskan, pengguna harus lebih hati-hati ketika mencari konten favoritnya. Mereka perlu menelisik lebih dalam terkait sumber yang muncul di hasil penelusuran.

"Saat mencari konten favorit secara online, mereka perlu memperlambat dan menilai tautan serta sumber yang muncul di hasil penelusuran," katanya.

"Kami memaksa orang-orang untuk berpikir sebelum mengklik demi melindungi diri dari ancaman malware dan keamanan dunia maya," tambahnya.
Berikut daftar nama 10 selebriti paling berbahaya dicari di internet:

1. Craig David
2. Emeli Sande
3. Liam Payne
4. Adele
5. Ed Sheeran
6. Jessie J
7. Rita Ora
8. Charli XCX
9. Lily Allen
10. Zayn Malik