Leonardo Da Vinci Diduga Sempat Buat Mona Lisa Versi Bugil

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 29/09/2017 08:22 WIB
Leonardo Da Vinci Diduga Sempat Buat Mona Lisa Versi Bugil Leonardo Da Vinci disebut sempat membuat Mona Lisa versi telanjang setelah sebuah sketsa amat mirip dengan lukisan ikonis tersebut ditemukan. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelukis Mona Lisa, Leonardo Da Vinci diduga membuat gambar lukisan terkenal tersebut dalam versi bugil setelah sebuah sketsa dengan kemiripan yang amat jelas ditemukan.

Para ahli di Museum Louvre Paris, tempat bersemayamnya Mona Lisa, tengah meneliti lebih lanjut terkait sketsa orang telanjang yang disebut dengan Monna Vanna tersebut.

Diberitakan AFP, lukisan  Monna Vanna telah disimpan sejak 1862 di antara koleksi seni renaisans di Museum Conde di Istana Chantily, utara Paris.



Kurator dari museum tersebut percaya setelah dilakukan pengujian terhadap Monna Vanna selama sebulan ke depan oleh tim ahli Louvre, lukisan itu setidaknya pernah menjadi bagian dari Leonardo.

"Lukisan itu memiliki taraf kualitas di wajah dan tangannya yang amat berciri khas (Leonardo)," kata kurator Mathieu Deldicque.

"Ini hampir pasti sebuah karya persiapan untuk sebuah lukisan cat minyak," tambahnya yang mengacu erat pada lukisan Mona Lisa.

Deldicque menyebut tangan dan tubuh Monna Vanna hampir identik dengan Mona Lisa yang ikonis tersebut.

[Gambas:Instagram]

Lukisan itu pun memiliki ukuran yang hampir sama dengan Mona Lisa, dan lubang kecil di sekitar gambar karakter menunjukkan fakta sebagai patokan bentuk gambar saat melukis di atas kanvas.

Ahli konservasi Louvre, Bruno Mottin membenarkan sketsa gambar tersebut berasal dari era yang sama ketika Leonardo masih hidup, pada peralihan abad ke-15 Masehi.

Namun Mottin menyebut berdasarkan hasil pengujian, bahwa sketsa tersebut bukan berasal dari salinan Mona Lisa yang hilang.

Ia juga menyebut konklusi hubungan dengan Leonardo yang wafat di Perancis pada 1519 harus dilakukan dengan hati-hati.


"Penggarisan di bagian atas sketsa dekat kepala dilakukan oleh orang yang kidal. Leonardo menggambar dengan tangan kirinya. Ini pekerjaan yang membutuhkan waktu," kata Mottin.

"Ini sebuah gambar yang amat sulit untuk dikerjakan karena sangatlah rapuh," lanjutnya.

Mottin mengatakan mereka berharap dapat menemukan identitas asli pelukis Monna Vanna itu dalam waktu dua tahun, pada saat pameran di Chantily untuk merayakan ulang tahun ke-500 kematian Leonardo Da Vinci.

Mona Lisa diketahui dibuat Leonardo Da Vinci sekitar 1503 hingga 1506. Dan sekitar 20 lukisan dan gambar Mona Lisa versi telanjang ada di dunia namun amat sulit ditentukan tanggal pembuatannya.