Potret Romantis Barcelona dalam Film

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 02/10/2017 14:50 WIB
Potret Romantis Barcelona dalam Film Jauh sebelum kemerdekaan Catalonia menarik perhatian dunia, keindahan dan romantisme Barcelona sudah memikat. (Ilustrasi/AFP PHOTO / Josep LAGO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya polemik kemerdekaan masyarakat Catalonia di Barcelona yang menjadi perhatian dunia. Jauh sebelum itu, Barcelona memang menarik hati. Ia bahkan dinobatkan sebagai kota mode dan romantis setelah Paris.

Keindahan, keistimewaan dan romantisme Barcelona itu terekam dalam banyak film yang mendunia. CNNIndonesia.com memilih lima film terbaik yang menampilkan keindahan Barcelona.


Vicky Cristina Barcelona (2002)


Dibintangi oleh Javier Bardem, Scarlett Johanson, Penelope Cruz , dan Rebecca Hall, film besutan Woody Allen ini berkisah tentang dua gadis Amerika yang menghabiskan musim panas di Barcelona.

Film ini memotret Barcelona dengan ciamik lewat banyak pengambilan gambar di bangunan-bangunan berserajah, restoran tengah malam, hingga menikmati wine ditemani suara gitar Spanyol.

[Gambas:Youtube]

The Spanish Apartment (2002)

Bergenre komedi, The Spanish Apartment bercerita tentang kehidupan mahasiswa Perancis di Barcelona. Dia mesti menghadapi perbedaan budaya dengan menggunakan bahasa Catalan, bukannya bahasa Spanyol.

Film ini dipenuhi lokasi-lokasi familiar di Barcelona seperti pantai di Barceloneta, University of Barcelona dan La Sagrada Familia.

[Gambas:Youtube]

Barcelona (1994)

Film garapan Whit Stillman ini menggambarkan Barcelona pada 1980-an, ketika suasana masih tegang akibat Perang Dingin. Stillman membuat cerita berdasarkan pengalamannya sendiri di Barcelona dengan perbedaan budaya Amerika dan Spanyol, serta sentuhan komedi.

[Gambas:Youtube]

All About My Mother (1999)

Sebuah tragedi di Madrid membawa Manuela berkelana ke Barcelona dengan kereta bawah tanah. Film ini dimulai dengan sebuah kejadian di La Sagrada Familia.

Film karya Pedro Aldomovar ini dianggap berhasil menyuguhkan dinamisme dan semangat dari kota Barcelona.

[Gambas:Youtube]

Land and Freedom (1995)

Pemenang Cannes Film Festival 1995 ini berkisah tentang pengalaman perjalanan komunis Liverpool ke Barcelona melawan kaum fasis selama Perang Saudara Spanyol.

Kota Barcelona mendapat peran penting dalam film yang dibintangi Ian Hart ini.

[Gambas:Youtube] (rsa)