Trik Hadapi Situasi Genting seperti di Konser Las Vegas

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 03/10/2017 19:01 WIB
Trik Hadapi Situasi Genting seperti di Konser Las Vegas Situasi genting bisa terjadi di mana saja, termasuk saat menonton konser sekali pun. (Ilustrasi/David Becker/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situasi genting yang mencekam bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan saat bersenang-senang dalam konser sekali pun. Belakangan, teror di keramaian seperti konser atau pertunjukan musik seringkali terjadi.

Eagles of Death Metal sedang menyanyi saat Bataclan di Paris ditembaki sekelompok orang. Ariana Grande baru saja turun panggung saat ada bom meledak di Manchester Arena. Baru-baru ini, konser musik country di Las Vegas pun diberondong senjata. Puluhan meninggal, ratusan luka.

Dari berbagai sumber CNNIndonesia.com merangkum beberapa kiat yang bisa dilakukan ketika menghadapi situasi darurat di tengah konser.



1. Perhatikan instruksi penyelamatan
 
Sebelum mulai menikmati konser atau pertunjukan, perhatikan instruksi ketika terjadi bencana atau hal darurat.

Sesuai standar yang berlaku, setiap konser baik di dalam ruangan atau di ruang terbuka biasanya  mengumumkan prosedur keamanan, seperti jalan menuju pintu darurat dan posisi alat pemadam api.

Hafalkan posisi tersebut sehingga ketika situasi genting dapat bergerak dengan cepat. Biasanya, pengumuman ini diberikan sebelum acara di mulai melalui mikrofon dan layar besar atau diberikan lewat selebaran.


2. Hubungi telepon penting

Jika menemui situasi darurat, segera informasikan hal tersebut ke pihak berwajib. Di Indonesia, pemerintah sudah menyediakan nomor telepon penting yang mesti diketahui.

Polisi 110
Pemadan Kebakaran 113
Ambulans 118

[Gambas:Video CNN]

3. Cari lokasi aman

Saat penyerangan terjadi, usahakan tetap tenang dan selalu waspada. Cari tempat aman untuk bersembunyi dan jangan keluar sampai situasi aman. Jika tidak memungkinkan untuk bersembunyi, tiarap bisa menjadi pilihan.

Jangan panik, yang justru malah menciptakan kegaduhan dan jadi sasaran. (rsa)