HUT Ke-261, Kota Yogyakarta Gelar Wayang Jogja Night Carnival

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 07/10/2017 22:42 WIB
HUT Ke-261, Kota Yogyakarta Gelar Wayang Jogja Night Carnival Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Bertepatan dengan peringatan hari jadi Kota Yogyakarta ke-261, gelaran Wayang Jogja Night Carnival kembali hadir sebagai puncak perayaannya. Gelaran itu sendiri telah menjadi acara tahunan di Kota Yogyakarta dan diselenggarakan setiap 7 Oktober.

Walikota Yogyakarya Haryadi Suyuti yang ditemui sebelum acara di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Sabtu (7/10), menyampaikan bahwa perayaan tersebut sebagai sebuah bentuk kebersamaan dari warga masyarakat.

“Ini merupakan puncak dari ultah Yogyakarta, yang telah dilaksanakan sejak sebulan lalu. Ada makna macam-macam di sini, makna kebersihan, olahraga, juga pendidikan. Dengan tema Bersama Membangun Yogyakarta, pembangunan bersama, membangun bukan hanya pemerintah tapi seluruh elemen masyarakat juga, bahu membahu membangun.” katanya.


Lebih lanjut, Haryadi turut menyampaikan harapannya terhadap gelaran yang disuguhkan untuk masyarakat Kota Yogyakarta. “Kota Yogyakarta malam ini memasuki usia ke- 261, harapan saya suguhan ini menjadi hiburan masyarakat. Dari masyarakat untuk masyarakat, Yogyakarta untuk Indonesia,” katanya.

Kali ini, Wayang Jogja Night Carnival hadir kembali dengan menampilkan aksi peserta dari 14 kecamatan yang ada. Acara ini dilangsungkan di sepanjang jalan Sudirman hingga jalan Mangkubumi Yogyakarta mulai pukul 18.00- 22.00 WIB.

Acara tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang secara simbolik dibuka dengan pemukulan gong.

Tugu Pal Putih yang merupakan ikon dari kota Yogyakarta dijadikan sebagai titik pusat dari perhelatan yang menyediakan 3 titik display. Display peserta Wayang Jogja Night Carnival lainnya terdapat di depan eks Indosat Jalan Sudirman dan depan KR Jalan Margo Utomo.

Pada masing-masing titik display para performance akan menampilkan pertunjukan yang telah digarap sesuai dengan tokoh wayang yang telah ditentukan. Tokoh wayang yang ditampilkan yakni Nakula-Sadewa, Antasena, Bathara Guru, Wisanggeni, Drupadi, Bhisma, Karno, Puntodewa, Sugriwa-Subali, Sukasrana-Sumantri, Suwida, Kumbokarna, Bathari Dhurga, dan  Petruk Ratu.

Yetti Martanti, selaku show director WJNC menyampaikan bahwa acara ini  dikonsep dalam bentuk street art, yakni seni pertunjukkan yang dikhususkan untuk ditampilkan di jalanan.

“Untuk mengakselerasi dan memotivasi tingkat kreativitas masyarakat Wayang Jogja Night Carnival dilombakan, meskipun dilombakan pertunjukan 14 peserta Kecamatan tetap menjadi satu kesatuan,” katanya dalam siaran pers.

Sebelumnya, rangkaian perayaan HUT ke-261 Kota Yogyakarta telah dilangsungkan sejak 7 September lalu. Mulai dari pelaksanaan Wiwitan, Festival Rakyat Yogyakarta, Festival Kampung Wisata, Gerebeg Pasar, serta Kenduri Yogyakata.
HUT Ke-261, Kota Yogyakarta Gelar Wayang Jogja Night CarnivalFoto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri