Matt Damon Bantah Bela Pelecehan Seksual Harvey Weinstein

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 11/10/2017 16:52 WIB
Matt Damon Bantah Bela Pelecehan Seksual Harvey Weinstein Matt Damon terseret kasus dugaan pelecehan seksual Harvey Weinstein. (REUTERS/Paul Drinkwater/NBC Universal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama aktor Matt Damon sempat terseret kasus dugaan pelecehan Harvey Weinstein. Sang aktor diduga sengaja menutupi tindakan tidak pantas Weinstein, kawannya, beberapa tahun lalu.

Namun baru-baru ini, aktor film The Martian itu membantahnya. Dia memastikan bahwa dirinya sama sekali tidak tahu soal tindakan tercela tersebut, apalagi bersikeras menutupinya.

"Saya main lima atau enam film bersama Harvey, saya tidak pernah melihat ini. Saya pikir banyak aktor mengatakan bahwa kita semua tahu. Itu tidak benar," katanya pada Deadline.



Damon menegaskan, jika memang mengetahui perbuatan itu, ia pasti akan menghentikannya.

"Jika ada kejadian di mana saya ada di sana dan Harvey melakukan hal seperti ini dan saya tidak melihatnya, saya sangat menyesalinya, karena saya akan menghentikannya," tambahnya.

Nama Damon terseret berkat laporan mantan penulis New York Times, yang menjadi CEO dan Pemimpin Redaksi TheWrap saat ini, Sharon Waxman. Senin (9/10) lalu ia menulis dirinya pernah mengerjakan artikel untuk Times pada 2004 soal pelanggaran seksual Weinstein.


Waxman mengklaim dia menemukan seorang wanita di London yang diduga telah dibayar setelah mendapat perlakuan pelecehan seksual oleh Weinstein. Laporannya juga berhasil mengungkap bahwa bos Miramax Italia saat itu, Fabrizio Lombardo sebenarnya tak punya pengalaman film apa pun. Tugasnya hanya memastikan bahwa selalu ada wanita untuk Weinstein.

Namun saat laporan itu sampai ke meja editor, ia ‘dikebiri.’

Segala bentuk tudingan pelecehan seksual Weinstein diminta dihapus. Fox memberitakan, itu berkat telepon dari ekskutif Hollywood, termasuk Damon dan Russell Crowe yang membela Lonbardo atas perintah Weinstein. Baru sekarang Damon memberi penjelasan lebih.

Harvey Weinstein tersandung kasus pelecehan seksual.Harvey Weinstein tersandung kasus pelecehan seksual. (AFP PHOTO/LOIC VENANCE)
Seperti diberitakan Fox News, Damon menjelaskan bahwa hal itu berbeda dari apa yang ia ketahui. Dia tidak pernah menyadari bahwa keterlibatannya bercerita soal pengalaman bekerja dengan Lombardo, berkaitan dengan dugaan pelecehan seksual pada saat itu.

Aktor berusia 47 tahun itu juga mengatakan bahwa dia bukan bagian dari selebriti yang sekarang mengklaim mereka mengetahui sesuatu tentang Weinstein sebelum diungkap Times.

"Saya tidak akan pernah mencoba menghapus cerita seperti itu. Saya tidak akan melakukannya, ini bukan sesuatu yang akan saya lakukan, pada siapa pun," kata Damon.