FOTO: Ulang Tahun Cahaya Masyarakat India

AFP PHOTO & Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 06:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap tahun, masyarakat India punya tahun baru sendiri yang dirayakan berdasarkan perhitungan kalender Hindu. Perayaan itu disebut Diwali atau festival cahaya.

Setiap tahun masyarakat India merayakan tahun baru sendiri berdasarkan perhitungan kalender Hindu. Perayaan itu dinamakan gelaran Festival Diwali atau kerap juga disebut Festival Cahaya. (AFP PHOTO / NOAH SEELAM)
Pemberian nama Diwali sendiri berasal dari kata Sansekerta 'Deepavali' yang berarti rangkaian cahaya lampu terang. (AFP PHOTO / Narinder NANU)
Bagi kebanyakan umat Hindu, Diwali menandai kembalinya dewa-dewa, Rama dan Sita ke Ayodhya setelah 14 tahun diasingkan. (REUTERS/Dinuka Liyanawatte TPX IMAGES OF THE DAY)
Untuk merayakan kembalinya Rama dan Sita, penduduk desa menyalakan lampu minyak yang menyinari jalan di tengah kegelapan. (AFP PHOTO / Narinder NANU)
Festival Cahaya ini dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu bulan
Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, cahaya atas kegelapan, pengetahuan atas ketidaktahuan, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. (REUTERS/Danish Siddiqui)
Festival Diwali biasanya terjadi pada malam pergantian bulan baru, yang mana menjadi malam paling gelap. Selama masa ini, diyas (lampu minyak), lilin dan lentera menyala di sekelilingnya. (REUTERS/Adnan Abidi)
Festival yang berlangsung selama lima hari ini dibagi dengan Dhanteras (Hari 1), Naraka Chaturdasi (Hari 2), Lakshmi Puja (Hari 3), Padwa, Balipratipada (Hari 4), Bhai Duj dan Bhaiya Dooji (Hari 5). (REUTERS/Adnan Abidi)
Sebelum Diwali tiba, masyarakat banyak menghabiskan waktu untuk bersih-bersih, merenovasi, serta mendekorasi rumah dengan rangoli (pola warna-warni yang digambar di lantai). (REUTERS/Pawan Kumar)
Saat Diwali tiba, masyarakat biasanya berdandan dengan pakaian baru, menaruh henna di tangan, menyalakan lilin, dan ikut dalam doa keluarga yang dilanjutkan dengan pesta besar makanan lezat dan permen India. (AFP PHOTO / SANJAY KANOJIA)
Bergantung pada budaya dan tradisi masing-masing, pesta utama itu kerap menjadi wujud makan mewah dengan sajian melimpah yang dapat dinikmati seluruh keluarga. (AFP PHOTO / SANJAY KANOJIA)
Selain itu, Diwali kerap dianggap sebagai periode belanja terbesar di India, yang mana orang-orang membeli pakaian baru, hadiah dan emas. (REUTERS/Adnan Abidi)