Quentin Tarantino Diam Saja Tahu Skandal Seks Weinstein

Agniya Khoiri , CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 17:46 WIB
Quentin Tarantino Diam Saja Tahu Skandal Seks Weinstein Quentin Tarantino tahu skandal seks Harvey Weinstein sejak lama. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara kawakan Quentin Tarantino baru-baru ini buka suara terkait skandal seks yang menimpa sahabat serta kolaboratornya Harvey Weinstein. Sutradara Inglourious Basterds itu mengatakan bahwa dia sebenarnya mengetahui kesalahan Weinstein melecehkan perempuan.

Ia pun menyesal karena tidak melakukan apa-apa.

"Saya cukup tahu untuk melakukan lebih dari yang saya lakukan. Ada lebih dari sekadar rumor biasa, gosip biasa. Bukan dari orang kedua, saya tahu dia melakukan beberapa hal ini," katanya tentang skandal yang melibatkan produser Hollywood itu pada New York Times.


Apa yang ia lihat saat itu diibaratkannya seperti bos yang menggoda sekretarisnya di meja kerja. Tarantino pun berharap ia bisa melakukan sesuatu saat mengetahuinya.

Itu bahkan terjadi pada mantan kekasihnya sendiri, Mira Sorvino. Tarantino menuturkan, Sorvino pernah bercerita soal sambutan dan sentuhan yang tidak diinginkan dari Weinstein. “Saya terkejut dan merasa ngeri," katanya mengungkapkan. Tapi ia tak berbuat apa-apa.

Saat itu, ia pikir Weinstein takkan macam-macam pada kekasih dari rekannya sendiri.


"Apa yang saya lakukan adalah menyingkirkan insiden itu,” tuturnya. Apapun yang saya katakan sekarang akan terdengar seperti alasan buruk," ungkapnya.

Namun beberapa tahun kemudian, aktris lain menceritakan hal yang mirip. Itu adalah saat aktris Rose McGowan mengaku juga mengalaminya, tapi mencapai kesepakatan dengan Weinstein.

"Semua orang yang dekat dengan Harvey pernah mendengar setidaknya satu dari insiden itu," kata sineas penggarap Django Unchained itu. "Tidak mungkin mereka tidak tahu."


Mengutip Ace Showbiz, sebagai salah satu orang dekat Weinstein, Tarantino mengaku telah menghubungi si pria 65 tahun. Menurutnya, Weinstein perlu menghadapi kenyataan di tengah tuduhan yang meningkat. Belasan selebriti sudah mengaku dilecehkan. Tapi Tarantino tidak mendapat jawaban.

The Weinstein Company telah memproduseri semua film Tarantino sejak 1994, mulai Pulp Fiction sampai Inglourious Basterds, Django Unchained dan The Hateful Eight. Weinstein menjadi tuan rumah pertunangan Tarantino dan kekasihnya Daniella Pick, September lalu.