Sutradara Hollywood Tersandung Skandal Seks dengan 38 Wanita

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 23/10/2017 07:07 WIB
Sutradara Hollywood Tersandung Skandal Seks dengan 38 Wanita Sutradara dan penulis naskah James Toback tersandung masalah pelecehan seksual. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya produser Harvey Weinstein yang terjerat kasus pelecehan seksual. Ia dilaporkan lebih dari 40 perempuan, beberapa di antaranya selebriti, telah melecehkan mereka.

Kini giliran sutradara Hollywood James Toback yang tersandung masalah serupa.

James Toback juga dilaporkan oleh sekitar 38 perempuan karena pelecehan seksual. Salah satunya, seorang perempuan yang mengatakan pada Los Angeles Time bahwa dirinya didekati si sineas dengan alasan akan diberi peran untuk film. Padahal ada udang di balik batu.



Toback biasanya mengincar perempuan di usia 20-an. Seperti diberitakan Ace Showbiz, menurut laporan para korban, modusnya tidak jauh berbeda dengan Weinstein. Ia akan mengundang mereka ke kamarnya untuk pertemuan terkait masalah peran dalam film.

Audisi di ruang publik juga tak masalah baginya.

Namun di sana, ia akan menanyai perempuan-perempuan itu pertanyaan yang memalukan dan personal, bahkan meminta mereka mempraktikkan hubungan seks dengan seseorang. Ia juga berani bermasturbasi di hadapan mereka, lalu meninggalkan korban usai berejakulasi.


Salah satu korbannya yang berani bicara ke publik setelah orang-orang meramaikan tagar #MeToo karena skandal seks Weinstein, adalah Louise Post. Ia merupakan gitaris sekaligus vokalis untuk band indi Veruca Salt. Katanya, ia pernah bertemu Toback pada 1987.

Saat itu ia masih kuliah. “Dia bilang pada saya bahwa dia sangat suka bermasturbasi sambil melihat mata saya. Datang ke apartemennya adalah hal yang paling memalukan selama 30 tahun terakhir ini, bahwa saya membiarkan diri saya mudah tertipu olehnya,” ia mengungkapkan.

Korban lain adalah aktris Echo Danon.


Menurutnya, Toback pernah berlutut di hadapannya di ruang ganti untuk sebuah film, menyentuh paha bagian dalamnya, memintanya menatap matanya dan bermain dengan dadanya.

“Semua orang ingin bekerja, jadi mereka membiarkan itu. Itulah kenapa saya membiarkannya. Karena saya berharap mendapat pekerjaan yang lain. Jika kalian terliibat dalam bisnis film pada 1990-an, kalian akan tahu bahwa #harveyweinstein adalah predator seksual. [Predator seksual] yang lain adalah #JamesToback,” demikian ia mengaku di media sosial.

Toback sendiri membantah tudingan itu. Pria 70 tahun yang pernah menjadi nomine Oscar karena menulis naskah film Bugsy yang dibintangi Warren Beatty itu mengaku tidak pernah bertemu perempuan yang menudingnya melakukan peelcehan seksual terhadap mereka.



Kalau pun bertemu, paling hanya lima menit dan ia tidak ingat melecehkan mereka.

Toback yang dekat dengan aktor Robert Downey Jr. itu menambahkan, secara biologis ia sangat mustahil melecehkan perempuan-perempuan itu. Alasannya, ia puhya diabetes dan masalah jantung yang membutuhkan obat-obatan. Belum ada komentar lebih lanjut darinya.

Mengutip Ace Showbiz, Toback sendiri saat ini masih berstatus menikah dengan satu anak. Baru-baru ini ia muncul di Venice Film Festival untuk promosi filmnya The Private Life of a Modern Woman, yang dibintangi Sienna Miller dan Alec Baldwin. Sejauh ini, mereka belum ikut buka suara. (rsa)