Music at Newsroom

Kenangan Base Jam Keliling Jakarta dan 'Jatuh Cinta'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 25/10/2017 09:24 WIB
Base Jam menjadi band pertama yang membuat klip dengan konsep di atas mobil terbuka keliling Jakarta, untuk lagu Jatuh Cinta yang rilis 1997. Base Jam masih ingat cerita mereka saat membuat video klip Jatuh Cinta pada 1997. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masih ingat bagaimana Base Jam bernyanyi di atas trailer terbuka dan keliling Jakarta di klip Jatuh Cinta? Itu salah satu klip yang menarik perhatian saat dirilis pada 1997.

Ternyata bukan hanya penggemar yang menganggap demikian.

Base Jam sendiri juga masih mengenang proses pembuatan video yang menurut mereka mengesankan itu. Kata Adon, pentolan Base Jam, saat berkunjung ke kantor redaksi CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu, pengambilan gambar dilakukan pagi hari.



“Itu seru banget, karena waktu itu pagi-pagi, kan macet,” tuturnya bercerita.

Mereka nyaris ‘memboikot’ pengguna jalan demi melancarkan pembuatan klip. Dari tiga jalur kendaraan, hanya ada satu yang bisa dipakai untuk umum. Dua lainnya dipakai Base Jam.

“Tapi waktu itu dibolehin lho,” Adon melanjutkan, saat ditanya soal izin kepolisian.


Menurut Adon, konsep yang mereka gunakan saat itu adalah yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Satu band bernyanyi dan bermain musik di atas mobil terbuka dan benar-benar berkeliling kota. Mereka berawal dari Sudirman, ke Thamrin bahkan sampai Monas.

“Itu sampai sore, dan ramai banget. Orang-orang pulang kantor itu pada ngelihatin.”

Jatuh Cinta merupakan salah satu lagu ikonis dari Base Jam. Band yang dibentuk sejak 1994 itu juga punya Bukan Pujangga, Bermimpi, Hujan Tanpa Awan, Denganmu Tanpamu, dan banyak lainnya. Jatuh Cinta dibikin tak sengaja dan tak diniatkan untuk populer.


Jatuh Cinta itu sebenarnya lagu ‘tambalan’, enggak disangka. Di album kedua itu kita kurang satu lagi, jadi kita buat asal-asalan. Asal ada lagu untuk memenuhi kuota. Ternyata pas lagu itu jadi, pas keluar albumnya ternyata laku,” jelas Aris sang gitaris.

Namun, Base Jam tidak menjelaskan asal inspirasi lagu dari album Base Jam 2 itu.

Base Jam akan bercerita lebih banyak serta bermain musik di CNNIndonesia.com Music at Newsroom pada Rabu (25/10) pukul 14.00 sampai 15.00 WIB.

[Gambas:Youtube]