Dul Jaelani: Ayah Berpolitik, Saya Mulai Bermusik

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 26/10/2017 16:00 WIB
Dul Jaelani: Ayah Berpolitik, Saya Mulai Bermusik Dul Jaelani, putra Ahmad Dhani kini mulai serius bermusik, sama seperti keseriusan ayahnya terjun ke dunia politik. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Putra bungsu musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Abdul Qodir Jaelani atau kerap disapa Dul ikut memeriahkan gelaran konser "25 Tahun Ari Lasso Sepenuh Hati" di Balai Sarbini Jakarta, Rabu (25/10) malam.

Remaja berusia 17 tahun ini mengiringi penampilan Ari Lasso saat membawakan lagu Cinta Kan Membawamu dengan memainkan alat musik piano.

Ditemui usai acara tersebut, Dul mengaku gugup sekaligus bangga dapat mengiringi penampilan Ari Lasso. Bagi Dul, mantan rekan satu band ayahnya di Dewa 19 itu merupakan sosok idola ikonis dan dapat menjadi legenda.


"Saya merasa sangat bangga di usia 17 tahun ini bisa mengiringi musisi idola saya, yaitu om Ari Lasso karena kan band favorit saya nomer satu itu Dewa 19. Kebetulan beliau salah satu vokalis Dewa 19 dan beliau adalah sosok yang sangat menginspirasi saya bermusik," ujarnya. "Grogi banget,” kata Dul.


Mengikuti jejak ayah dan ibunya yang telah lebih dulu berada di dunia musik, Dul sendiri mengungkapkan keseriusan untuk terjun di jalur bermusik. Menurutnya, saat ini menjadi awal mula dia benar-benar masuk ke dunia musik.

Dul telah bermusik sejak 2009. Ia pun pernah tergabung dalam band Ahmad Bersaudara pada 2013. Dul merasa tahun ini adalah momentum ia untuk serius memilih jalur bermusik.

Bukti keseriusan Dul itu diungkapkan dengan merilis lagu Kamu dan Aku baru-baru ini. Keseriusan itu kemudian ia bandingkan dengan perubahan Ahmad Dhani untuk terjun ke dunia politik dan meninggalkan dunia musik.

[Gambas:Youtube]

"Sekarang ayah saya sudah (pilih) politik ya, saya baru masuk ke musik. Jadi ayah baru masuk di politik, saya baru masuk di musik," katanya.

Meski sang ayah dianggap telah menemukan dunia baru, Dul mengatakan bahwa Ahmad Dhani masih sering berbagi ilmu soal musik. Dul menyebut 80 persen referensi bermusik dia dipengaruhi oleh sang ayah.

Namun di sisi lain, ketika sang ayah memutuskan gantung gitar dan memilih berpolitik, Dul mengaku tak kecewa dengan pilihan Dhani.


"Mungkin ayah saya sudah puas di musik, mencari tantangan-tantangan hidup baru. Mungkin ayah saya sudah masuk ke langkah selanjutnya, seperti saya sekarang baru masuk chapter awal main musik," kata Dul.

Menjadi anak dari musisi kawakan Indonesia, Dul menyatakan hal itu turut membuatnya mendapatkan banyak keuntungan. Namun kemudian, itu tak membuatnya ingin dikenal dengan bayang-bayang nama orangtuanya.

"..Terserah mau bilang Dul anak musisi, tapi saya sekarang jalan sebagai Dul Jaelani,"Dul Jaelani

Sejauh ini Dul mengungkapkan, bahwa dirinya tidak ikut dalam label rekamandi bawah naungan ayahnya, Republik Cinta Manajemen, melainkan Le Moesiek Revole.

"Sangat dong ya, sangat-sangat beruntung. Keuntungannya ya, kalau saya ngerayu cewek bisa pakai lagu ayah saya," kelakar Dul.

"Jadi saya ingin bermusik tidak dalam bayang-bayang ayah bunda saya. Jadi musik-musik yang buat saya, tidak ada campur tangan ayah dan bunda, ya mungkin kalau sharing aja, tapi untuk penggarapannya enggak ikut campur ayah saya. Terserah mau bilang Dul anak musisi, tapi saya sekarang jalan sebagai Dul Jaelani," paparnya.