Musisi Muda Bicara 'Eyang Lincah' Titiek Puspa

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 01/11/2017 19:35 WIB
Musisi Muda Bicara 'Eyang Lincah' Titiek Puspa Titiek Puspa masih lincah meski sudah berusia 80 tahun. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Titiek Puspa selama ini sohor sebagai penyanyi senior yang melegenda. Lebih dari 63 tahun berkarya, lagu-lagu Titiek identik dengan lirik nyeleneh dan irama yang melekat di benak.

Mulai dari Kupu-Kupu Malam, Marilah Kemari, Apanya Dong, Menabung, hingga Sepasang Bola Mata sukses menjadi lagu hit di eranya.

Selain karya-karyanya di belantika musik Indonesia, Titik juga dikenal sebagai sosok yang hangat dan pengertian. Tepat di perayaan ulang tahunnya yang ke-80 pada hari ini, Rabu (1/11) CNNIndonesia.com merangkum pendapat para bintang tentang sosok Titiek Puspa.



1. Vidi Aldiano

Pelantun Status Palsu ini sudah menganggap Titiek sebagai neneknya sendiri. Meski begitu, Vidi menilai Titiek tetap memiliki jiwa muda.

"Aku kira Eyang ulang tahun yang ke-21, karena masih sangat muda dan produktif. Di usia yang ke-80 jiwanya bahkan lebih muda dari aku," kata Vidi yang menghadiri pesta kejutan ulang tahun Titiek Puspa di Jakarta, tepat di hari penting sang legenda.

Kedekatan Vidi dengan Titiek berawal dari keakraban sang pelantun Apanya Dong dengan nenek Vidi yang juga seorang penyanyi. Titiek pun sering memberikan petuah kepada Vidi.

Vidi Aldiano sering diberi wejangan oleh Titiek Puspa.Vidi Aldiano sering diberi wejangan oleh Titiek Puspa. (ANTARA FOTO/Feny Selly)
"Aku merasa jadi cucu banget. [Eyang] sering kasih pesan yang intinya berkarya itu yang baik bertanggung jawab, harus punya pesan positif supaya punya dampak buat Indonesia.”

Vidi juga menyebut Titiek berencana memberikannya sebuah lagu untuknya.

"Kita tunggu saja," ujar Vidi.


2. Sheryl Sheinafia

Bintang film Galih dan Ratna ini mengaku Titiek kerap memantau karya-karyanya. Pertemuan pertama Sheryl dengan Titiek berawal dari lagu milik Sheryl.

"Aku enggak tahu Eyang sudah melihat karyaku sejauh apa. Waktu pertama ketemu, dia bilang ‘Kamu cewek yang main gitar itu ya? Bagus'. Dia langsung peluk aku," kata Sheryl.

Sejak saat itu Titiek dan Sheryl mulai dekat dan sudah seperti keluarga. Sheryl juga menilai Titiek sebagai sosok yang iseng dan kerap menggodanya.

[Gambas:Youtube]

"Eyang itu iseng banget. Aku apa-apa ditanya, pacar mana, kapan keluarin album, selalu ditagih," ujar Sheryl yang satu label rekaman dengan Titiek itu sambil tertawa.

3. Rian d'Masiv

Vokalis d'Masiv ini kagum dengan Titiek yang bisa menciptakan nada lagu dengan not sederhana sekali pun.

“Kalau Eyang Titiek itu penyanyi dan pencipta lagu yang sangat orisinal, saya sampai bingung dia mendapat inspirasi dari mana bisa bikin nada pakai do re mi fa so la si do," kata Rian.


Rian juga membina hubungan baik dengan Titiek. Perempuan kelahiran Kalimantan Selatan itu bahkan datang saat pernikahan Rian pada 2012 lalu. "Itu kenangan banget sih," ujar Rian.

4. Inul Daratista

Penyanyi dangdut Inul Daratista mengenal sosok Titiek sebagai seorang yang sangat gaya.

"Ini fesyen banget loh, bulu matanya begini, alisnya begini," kata Inul mengomentari dandanan Titiek yang masih hit meski sudah berusia 80 tahun.


Inul dekat dengat Titiek ketika pedangdut asal Pasuruan itu tersangkut masalah di awal kariernya. Saat itu, Titiek lah merangkul Inul untuk kembali bersemangat.