FOTO: Menghargai yang Telah Pergi dalam Hari Orang Mati

AFP, Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 15:03 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Day of the Dead atau Hari Orang Mati bagi masyarakat Amerika Tengah bukan cuma perayaan mirip Halloween, namun juga penghormatan kepada Dewa Kematian.

Day of the Dead atau Hari Orang Mati bagi masyarakat Meksiko bukan hanya momen liburan dan pesta seperti Halloween. Lebih dari itu, momen tersebut dimaknai sebagai penghormatan kepada Dewa Kematian dan pererat mereka yang masih menjalani kehidupan. (REUTERS/Oswaldo Rivas)
Perayaan Hari Orang Mati ini biasanya dimulai pada 1 November. Masyarakat biasa mendatangi pemakaman kerabat mereka untuk memulai memberikan doa kepada yang telah melewati kehidupan. (REUTERS/Guadalupe Pardo)
Masyarakat Meksiko dan Amerika Tengah mendatangi pemakaman dengan membawa berbagai barang saat Hari Orang Mati, mulai dari bunga, lilin, hingga barang khas mendiang kerabat mereka. (REUTERS/Alan Ortega)
Selain mendatangi pemakaman dan mengenang mereka yang telah pergi dari kehidupan, Hari Orang Mati juga dirayakan dengan berbagai festival meriah pada 1-2 November. (AFP PHOTO / Yuri CORTEZ)
Perayaan festival Hari Orang Mati bukan cuma soal bunga dan iring-iringan, namun juga masyarakat mengenakan kostum yang mewakili sejumlah dewa dalam kepercayaan suku Aztec, seperti yang dilakukan masyarakat di Haiti, Amerika Tengah. (AFP PHOTO / HECTOR RETAMAL)
Sedangkan di Lima, Peru, Hari Orang Mati dirayakan dengan berdansa di pemakaman kerabat mereka, seperti yang dilakukan masyarakat Villa Maria del Triunfo ini. (REUTERS/Guadalupe Pardo)
Masyarakat Guetamala juga ikut merayakan Hari Orang Mati. Salah satunya dengan cara mengendarai kuda dalam kondisi mabuk. (REUTERS/Jose Cabezas)
Sebagian masyarakat menghargai orang suci atau pun dewa dalam kepercayaan mereka dengan cara merajah tubuh, seperti yang dilakukan pria Meksiko yang memiliki tato Santa Muerte ini. (REUTERS/Carlos Jasso)
Bagi masyarakat Meksiko, perayaan Hari Orang Mati juga menjadi momentum bangkit usai bencana gempa bumi yang menewaskan hampir 500 orang pada September lalu. (AFP PHOTO / OMAR TORRES)
Namun bagi penganut voodoo, momen Hari Orang Mati berarti menjadi kesempatan untuk meminta bantuan dari alam gaib. (REUTERS/Andres Martinez Casares)
Perayaan Hari Orang Mati yang diyakini telah ada sebelum Colombus datang ke benua Amerika ini telah masuk daftar representatif Warisan Budaya Takbenda milik UNESCO. (REUTERS/Jorge Luis Plata)