Brett Ratner Balas Wanita yang Mengaku Dilecehkan Olehnya

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Sabtu, 04/11/2017 01:36 WIB
Brett Ratner Balas Wanita yang Mengaku Dilecehkan Olehnya Dituding memerkosa, Brett Ratner melaporkan balik korbannya. (Gustavo Caballero/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Brett Ratner membalas tudingan pelecehan seksual yang ditujukan untuknya. Diberitakan Reuters, ia baru saja mengajukan tuntutan hukum melawan perempuan yang mengklaim bahwa dirinya diperkosa Ratner sekitar 12 tahun lalu.

Pengakuan itu sendiri disampaikan korbannya, Melanie Kohler melalui sebuah unggahan di Facebook. Ratner lantas mengajukan tuntutannya ke pengadilan federal di Hawaii.

Dalam dokumen tuntutannya tersebut Ratner menyatakan Kohler telah “salah menuduhnya dengan sengaja dan kejam” melalui unggahan di Facebook soal perkosaan 12 tahun lalu.


Pengacara Ratner yang selama ini berbicara kepada media, Marty Singer menolak berkomentar atas pengajuan tuntutan itu. Di sisi lain, pengacara Kohler, Roberta Kaplan menjelaskan pihaknya tidak khawatir akan tuntutan itu.

“Ratner dan pengacaranya mencoba menghapus kebenaran yang ada melalui ancaman-ancaman dan intimidasi, namun pengadilan memutuskan kasus berdasarkan fakta-fakta dan hukum,” tulisnya.

Jadi, ia berpesan pada Ratner, “Sederhana: sampai jumpa di pengadilan.”

Secara terpisah, Juru Bicara Kohler, Bill Burton, mengatakan unggahan koleganya di Facebook itu telah dihapus. Namun, sambung Burton, pihaknya telah memberikan salinan unggahan bahwa Kohler mengaku diperkosa sang sutradara Rush Hour itu untuk digunakan dalam penyelesaian kasusnya.

“Ratner adalah seorang pemerkosa, setidaknya suatu malam di Hollywood sekitar 12 tahun lalu. Ratner memburu saya yang saat itu mabuk dan memaksa dirinya kepada saya,” tulis Kohler dalam unggahan Facebook-nya.

Namun Kohler sebenarnya bukan satu-satunya perempuan yang mengaku telah dilecehkan Ratner. Ada enam perempuan lagi yang menuding Ratner telah melakukan pelecehan seksual terhadap mereka. Salah satu perempuan yang mengaku pernah dilecehkan adalah Olivia Munn, di lokasi syuting After the Sunset.

Munn mengaku suatu kala produksi film yang dirilis 2004 silam itu masih berjalan ia mengantar makanan untuk Ratner di trailernya. Perempuan yang makin melejit setelah berperan dalam serial televisi The News Room (2012-2014)  itu mengaku dilecehkan kala itu, karena ketika memasuki trailer ternyata Ratner melakukan masturbasi di hadapannya. Walhasil, Munn yang kala itu berusia sekitar 24 pun berteriak lalu lari keluar dari trailer tersebut.

Mengutip Reuters, pengacara Ratner, Singer menolak dengan tegas segala tudingan terhadap kliennya.

Hollywood tengah diramaikan kasus pelecehan seksual. Selain Ratner, nama besar yang juga terjerat kasus serupa adalah Harvey Weinstein, James Toback, dan aktor Kevin Spacey. (kid)