FOTO: Jokowi Pasang Bleketepe untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby

CNN Indonesia/Hesti Rika, CNN Indonesia | Selasa, 07/11/2017 09:24 WIB

Solo, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo naik tangga dipegangi Iriana, memasang bleketepe di kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo menjelang acara siraman Kahiyang-Bobby.

Kediaman Kahiyang Ayu putri Joko Widodo sudah dipasangi bleketepe, Selasa (7/11). Itu menandakan Jokowi sudah siap punya hajat besar, yakni melakukan siraman untuk Kahiyang dan Bobby. Bleketepe merupakan daun kelapa yang masih hijau berukuran sekitar 50 x 200 cm dan dipasang di gerbang kediaman mempelai wanita.
Jokowi sendiri yang memasang bleketepe itu. Ia harus naik tangga yang dipegangi oleh istrinya, Iriana Joko Widodo. Tidak butuh waktu lama, Jokowi memasangnya hanya dalam waktu sekitar lima menit.
Tangga yang digunakan Jokowi untuk memasang bleketepe dan dipegangi Iriana itu punya makna tersendiri. Yakni, menandakan dua sisi kehidupan pernikahan dan dibutuhkannya sikap gotong royong.
Bleketepe, konon berasal dari kata Bale Katapi, atau tempat di mana kotoran dipilah untuk kemudian dibuang. Itu merupakan simbol dari penyucian lokasi dan tolak bala.
Bukan hanya memasang bleketepe dan janur, Jokowi juga memasang beberapa buah-buahan hasil bumi di sudut gerbang kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo. Lazimnya, buah yang harus ada termasuk dua tandan pisang dan kelapa gading.
Pisangnya harus pisang raja, sebagai simbol kemuliaan dunia dan akhirat, agar mempelai dimuliakan kehidupannya seperti putri raja. Pisang juga dipilih karena setiap pohon pisang ditebang, masih akan bisa tumbuh. Diharapkan, demikian pula dengan rezeki si mempelai.
Sementara kelapa gading dipasang menyimbolkan harapan agar pengantin nantinya merasakan keindahan hidup dengan kesabaran dan kerelaan berkorban terhadap sesama.
Setelah bleketepe terpasang, Jokowi sekeluarga yang seragam dengan busana oranye siap menggelar siraman untuk Kahiyang dan Bobby.