Live Streaming Akad Nikah Kahiyang-Bobby

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 08/11/2017 06:03 WIB
Live Streaming Akad Nikah Kahiyang-Bobby Kahiyang Ayu akan menjalani akad nikah dengan Bobby Nasution, Rabu (8/11). (Dok. All Seasons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo bakal mendapatkan menantu baru. Jokowi akan menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan pemuda asal Sumatera Utara, Bobby Afif Nasution, hari ini, Rabu (8/11).

Kahiyang dan Bobby mengikat cinta mereka dalam ijab kabul yang digelar di Graha Saba Buana, Sumber, Solo. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Bidang Perekonominan Darmin Nasution dipercaya menjadi saksi nikah untuk Kahiyang dan Bobby.

Bobby meminang Kahiyang dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas 80 gram yang dibayar tunai.



Prosesi akad nikah itu bisa disaksikan secara langsung di CNN Indonesia. Akad nikah ini bakal disiarkan di program Insert Spesial Jokowi Mantu. Siaran itu bisa disaksikan via live streaming mulai pukul 07.30 WIB pagi ini.

Gelaran akad nikah ini dihelat setelah melalui serangkaian prosesi adat beberapa hari sebelumnya. Helatan itu dimulai dari tradisi wilujengan atau selametan pada Senin (6/11).

Pada Selasa (7/11), upacara adat Jawa berlanjut dengan memasang bleketepe tanda penyucian lokasi, siraman beserta sungkeman yang bermakna penyucian diri, menjual dawet, dan malam midodareni.


Rangkaian upacara adat itu bertujuan agar kedua pengantin siap membina rumah tangga. Setelah dinyatakan sah sebagai suami istri, Kahiyang dan Bobby bakal dipertemukan setelah menjalani masa pingitan. Mereka bakal dituntun ke pelaminan untuk menjalani resepsi.

Pernikahan Kahiyang adalah hajat Jokowi yang kedua kalinya saat menjadi Presiden RI. Sebelumnya, pada 2015 Jokowi menikahkan putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka. Ia sudah dianugerahi putra, Jan Ethes Srinarendra. (rsa)