Datang Beri Seserahan, Bobby 'Dilarang' Masuk Rumah Kahiyang

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 07/11/2017 21:11 WIB
Datang Beri Seserahan, Bobby 'Dilarang' Masuk Rumah Kahiyang Datang membawa seserahan untuk Kahiyang Ayu, Bobby Nasution tidak boleh masuk rumah calon istrinya di malam midodareni. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Solo, CNN Indonesia -- Prosesi midodareni jelang pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah berlangsung lancar di kediaman mempelai wanita di Jalan Kutai Utara, Sumber, Surakarta, Selasa (7/11).

Bersama rombongan keluarga besar asal Medan, Bobby Nasution datang ke kediaman calon istrinya itu dengan pakaian bernuansa tradisional berwarna maroon dan berpeci.

Bobby dan rombongan juga membawa seserahan kepada Kahiyang yang tersimpan rapi dalam kotak kaca dan dibawa kerabat Bobby yang berseragam bernuansa abu-abu untuk pria dan merah keunguan untuk wanita.


Kedatangan Bobby didampingi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Darmin bertugas sebagai perwakilan keluarga Bobby untuk memberikan seserahan.

“Adapun kedatangan kami, mengemban amanat keluarga almarhum bapak Erwin Nasution, yang datang dari Medan untuk menyerahkan calon pengantin pria, Muhammad Bobby Afif Nasution, sebagai pelengkap tata cara adat Jawa,” katanya.

Seraya mengarah pada seserahan yang dibawa, Darmin menyampaikan, “Perlengkapan yang dibawa mungkin tidak seberapa nilainya, semoga diterima dan memberi manfaat.”

Setelahnya, prosesi seserahan dan midodareni pun dimulai dengan pihak keluarga Jokowi yang berbalut pakaian tradisional Jawa bernuansa cokelat mempersilahkan rombongan Bobby Nasution masuk ke dalam kediaman mereka.

Bobby Nasution (tengah) tampak tiba di depan kediaman Kahiyang Ayu.Bobby Nasution (tengah, berpeci) tampak tiba di depan kediaman Kahiyang Ayu. ( CNN Indonesia/Hesti Rika)


Namun sepanjang acara, Bobby tampak hanya menunggu di teras rumah sedangkan kerabat dia yang lain dipersilahkan masuk.

Menurut adat Jawa, Bobby belum diperbolehkan masuk ke rumah calon istrinya, tidak boleh melihat atau pun menoleh ke calon istri, dan hanya diperkenankan meminum air putih.

Midodareni sebagai bagian dari prosesi tradisi pernikahan Jawa menuntut calon mempelai wanita untuk berdiam diri di dalam rumah, mempersiapkan diri menjelang hari pernikahannya di keesokan paginya.

Sesuai dengan asal kata widodari yang bermakna bidadari, konon dalam prosesi ini, para bidadari khayangan turun ke Bumi dan bertandang ke rumah calon mempelai wanita guna ikut mempercantik serta menyempurnakannya.

Presiden Joko Widodo memberikan sapaan kepada para tamu dan undangan yang datang di malam midodareni, Selasa (7/11).Presiden Joko Widodo memberikan sapaan kepada para tamu dan undangan yang datang di malam midodareni, Selasa (7/11). (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Sebelum kedatangan rombongan Bobby, Presiden Joko Widodo telah menyambut kehadiran para undangan dari keluarga dekat dan relawan yang memenuhi kawasan tempat tinggalnya.

Berbalut busana bernuansa hijau yang menjadi seragam untuk keluarga inti, Jokowi memberikan sapaan kepada para tamu undangan.

“Tamu hadirin, pertama-pertama saya bersama beserta seluruh keluarga besar mengucapkan terima kasih atas kehadiran, dukungan dan doa yg sudah datang jauh-jauh dari Sabang sampai Merauke,” kata Jokowi mengawali.

“Kami meminta doa restu, akan pelaksanaan ijab qabul besok berjalan lancar dan sukses. Semoga putri kami Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution dapat membangun rumah tangga yang langgeng, sakinah, mawadah warahmah,” katanya.

[Gambas:Video CNN] (end)