FOTO: Melihat Cita Rasa Seni Louvre di Abu Dhabi

AFP, Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 10/11/2017 07:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Museum Louvre Abu Dhabi telah komplet dan diresmikan pada Rabu (8/11). Museum ini dibangun atas kerja sama tiga tahun antara Prancis dan kota Abu Dhabi.

Museum Louvre Abu Dhabi telah komplet dan diresmikan pada Rabu (8/11). Museum ini dibangun atas kerja sama tiga tahun antara Perancis dan kota Abu Dhabi. (REUTERS/Satish Kumar)
Museum Louvre Abu Dhabi ini terletak di Pulau Saadiyat, lepas pantai Abu Dhabi. (REUTERS/Satish Kumar)
Memiliki luas total 24 ribu meter persegi, museum ini punya luasan galeri hingga 8.000 meter persegi dan menjadi museum terbesar di Semenanjung Arab. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Museum ini dibangun oleh arsitek Jean Nouvel dengan menghabiskan bujet antara 83-108 juta euro atau Rp1,3-1,6 triliun. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Untuk menyandang nama 'Louvre', Pemerintah Abu Dhabi membayar US$525 juta atau lebih dari Rp7 triliun. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Selain itu Pemerintah Abu Dhabi membayar sebesar US$747 juta atau lebih dari Rp10 triliun untuk biaya pinjaman barang seni, pertunjukan spesial dan advis manajemen. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Selama 10 tahun ke depan, 13 museum terkemuka Prancis akan meminjamkan karya mereka ke UAE dengan durasi paling lama dua tahun. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Museum Louvre Abu Dhabi saat ini memiliki 300 karya seni pinjaman, termasuk potret diri Vincent van Gogh dan 'La Belle Ferronniere' karya Leonardo da Vinci. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Bukan cuma pinjaman dari Eropa, museum ini juga menyimpan 250 karya seni koleksi Uni Emirat Arab. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Sekitar lima persen dari museum didedikasikan untuk seni kontemporer dan modern, termasuk karya monumental Ai Weiwei dari China. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Fokus utama dari koleksi museum ini adalah pada sejarah dunia dan agama. Di antara koleksi agama adalah alquran abad ke-6, injil gotik, dan taurat Yemeni. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Museum ini disebut akan memiliki nuansa lebih universal dibandingkan Louvre di Paris dan dipromosikan sebagai kota museum yang pertama. (REUTERS/Satish Kumar)