Steven Seagal Lecehkan Istri Ellen DeGeneres secara Seksual

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 10/11/2017 08:20 WIB
Steven Seagal Lecehkan Istri Ellen DeGeneres secara Seksual Steven Seagal dituding melakukan pelecehan seksual ke beberapa wanita. (REUTERS/Darryl Webb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Hollywood Steven Seagal dan komedian Louis C.K. kini menjadi sasaran pelaporan dugaan pelecehan seksual. Sejak kasus Harvey Weinstein terkuak, laporan pelecehan seksual merebak di Hollywood. Aktor Kevin Spacey menjadi salah satu yang diperbincangkan.

Kini, Portia de Rossi menuding Seagal pernah melecehkannya saat audisi. Rossi merupakan aktris Arrested Development dan istri dari Ellen DeGeneres. Menurutnya, Seagal melakukan pelecehan seksual dengan alasan mendapatkan percikan rasa dari lawan mainnya di film.

“Dia berkata pada saya betapa pentingnya punya percikan rasa di belakang layar jadi dia mendudukkan saya dan membuka ritsleting celana kulitnya,” ujar Rossi, Kamis (9/11).



Saat itu juga, Rossi lari dan menelepon agensinya. “Tidak terganggu, dia menjawab, ‘Wah, saya tidak tahu kalau dia tipemu,’” ujar Rossi melanjutkan ceritanya. Rossi sendiri sejatinya seorang lesbian, dan menikahi DeGeneres, yang mengaku bangga pada istrinya.

Hingga saat ini, perwakilan Seagal belum berkomentar apa pun.



Ini bukan pertama kalinya nama Seagal mencuat di tengah kasus pelecehan seksual. Pelaku martial arts dan pencinta musik blues itu juga pernah dituding melecehkan aktris Jenny McCarthy pada audisi Under Siege 2 (1995). McCarthy diminta menurunkan gaunnya.

Saat itu, seperti dilaporkan kantor berita AFP, McCarthy menolak dengan alasan tidak ada skrip yang menyebut ada adegan telanjang. Ia tetap diminta menurunkan gaun, dua kali.

Alasan Seagal, ada adegan telanjang tidak di depan kamera.


McCarthy pun terpukul. Ia langsung menolak dan lari ke mobilnya. Namun Seagal mengikuti dan memaksanya untuk tidak bilang siapa-siapa. “Saya berpikir, saya perempuan terakhir hari itu. Ada berapa banyak perempuan yang harus melepas busananya? Berapa banyak perempuan yang harus melakukan lebih? Itu menjijikkan buat saya,” tuturnya.

Pekan lalu, Julianna Margulies juga mengaku bahwa dirinya pernah takut pada Seagal.

Mereka pernah syuting bersama untuk Out for Justice pada 1991. Katanya, Seagal suatu kali ingin berlatih adegan dengannya di kamar hotelnya di New York, malam-malam. Margulies pun datang. Namun aktris yang saat itu berusia 23 tahun itu mendapati Seagal sendirian.


“Dia membuat saya yakin bahwa saya melihat senjatanya, dan saya tidak pernah melihat senjata sungguhan sebelumnya. Saya keluar dari sana tanpa cedera,” ia menuturkan.

Seagal juga pernah dituding melecehkan jurnalis Lisa Guerrero saat ia masih seorang aktris yang mencoba mencari peruntungan di Hollywood. Guerrero mengungkapkan, ia pernah menerima panggilan audisi di rumah Seagal. Ia meminta casting director, Shari Rhodes menemaninya.

Namun Seagal terlihat terkejut. Sang aktor menyambutnya langsung di depan pintu dengan hanya mengenakan jubah mandi. Ia tak mengatakan apa pun atas keterkejutannya karena Guerrero membawa teman, namun terlihat dari ekspresinya.

Portia de Rossi (kanan) melaporkan Steven Seagal pernah melecehkannya secara seksual.Portia de Rossi (kanan) melaporkan Steven Seagal pernah melecehkannya secara seksual. (REUTERS/Danny Moloshok)
Setelah audisi yang berlangsung 10 menit, ia lantas memuji, “Anda luar biasa.”

Usai itu, Seagal berjanji akan menelepon. Guerrero pun pergi jauh-jauh.

Malam harinya, ia mendapat panggilan dari manajernya yang diminta Seagal untuk kembali ke rumahnya. “Latihan khusus,” alasannya. Guerrero menolak. Ujung-ujungnya, ia kehilangan peran yang dijanjikan kepadanya. Ia hanya ditawari peran yang lebih kecil.

Kali itu ia terima, karena tak harus ‘berlatih’ sendirian di rumah Seagal.

Louis C.K. juga dituding melecehkan wanita.Louis C.K. juga dituding melecehkan wanita. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Namun tetap saja, ia merasa tak nyaman selama di lokasi syuting. Katanya, Seagal dan aktor lain sering mencuri pandang ke arahnya dan tertawa. Suatu kali Seagal bahkan mendatanginya dan memintanya datang ke ruang gantinya. Lagi-lagi ia menolak Seagal.

Perbincangan aneh itu pun berakhir dengan pandangan meremehkan Seagal.

Sementara itu, lima perempuan juga melaporkan komedian Louis C.K. karena bermasturbasi di hadapan mereka. Atau paling banter, meminta mereka menontonnya bermasturbasi. Masing-masing kasus terjadi di waktu dan lokasi yang berbeda, dalam rentang 1990-an sampai 2005.


“Saya pikir itu sudah kelewat batas ketika Anda melepas baju dan mulai masturbasi,” kata Julia Wolov, satu dari duo komedian asal Chicago yang menuding dilecehkan oleh C.K.

Publisis C.K. mengatakan pada New York Times bahwa kliennya tidak ingin menjawab itu. (rsa)