Louis C.K. 'Didepak' dari Hollywood karena Pelecehan Seksual

Rizky Sekar Afrisia , CNN Indonesia | Senin, 13/11/2017 13:26 WIB
Louis C.K. 'Didepak' dari Hollywood karena Pelecehan Seksual Banyak studio besar Hollywood memutus hubungan dengan Louis C.K. setelah ia melakukan pelecehan seksual. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komedian Louis C.K. akhirnya mengakui klaim lima perempuan yang menudingnya melakukan pelecehan seksual terhadap mereka. Perempuan-perempuan itu menuturkan bahwa Louis bermasturbasi di hadapan mereka dan memaksa mereka melihatnya.

Dalam pernyataannya Louis menuturkan, “Cerita itu benar.”

Ia mengawali, “Saat itu, saya berkata pada diri saya sendiri bahwa apa yang saya lakukan itu wajar karena saya tidak pernah mempertontonkan alat kelamin saya pada perempuan tanpa bertanya terlebih dahulu. Itu benar.” Namun, seiring waktu ia sadar dirinya salah.


“Ketika Anda punya kuasa atas orang lain, meminta mereka melihat alat kelamin Anda bukanlah pertanyaan. Itu situasi yang menyulitkan bagi mereka. Kuasa yang saya miliki atas mereka adalah, mereka mengagumi saya. Dan saya menggunakan kuasa itu dengan tidak bertanggung jawab,” tuturnya melanjutkan. Louis pun mengaku menyesal atas tindakannya.

Ia menuturkan, dirinya bahkan sulit untuk memaafkan dirinya sendiri dan harus berdamai dengan kenyataan bahwa ia mendatangkan kesusahan bagi orang lain atas tindakan itu.

“Saya menyakiti keluarga saya, teman-teman saya, anak-anak saya dan ibunya. Saya sudah menghabiskan masa karier yang panjang dan beruntung ini dengan mengatakan apa pun yang saya mau. Sekarang saya akan mundur dan mengambil waktu panjang untuk mendengar,” katanya.


Tidak jelas apakah itu berarti Louis akan mundur dari dunia hiburan. Namun yang jelas, ia sudah cukup berani untuk mengakui, tak seperti aktor-aktor lain yang menolak tudingan.

Lagipula, tanpa bermaksud mundur pun, karier Louis di Hollywood semakin terancam.

Diberitakan Ace Showbiz, Universal dan Illumination Animation memilih untuk ‘membuang’ Louis dari The Secret Life of Pets 2, berdasarkan keterangan resmi pada Jumat (10/11). Padahal Louis salah satu bintang penting di sana. Suaranya adalah suara anjing Max.

Louis C.K. mengisi suara Max (tengah) di The Secret Life of Pets.Louis C.K. mengisi suara Max (tengah) di The Secret Life of Pets. (Dok. Illumination Entertainment & Universal Pictures)
Film animasi itu juga diisi suaranya oleh Jenny Slate, Ellie Kemper Lake Bell, Bobby Moynihan, Albert Brooks, dan Kevin Hart. Film pertamanya meraup US$875 juta di global. Sekuel film itu rencananya tayang pada 7 Juni 2019 di Amerika Serikat.

Studio saat ini sedang mencari siapa aktor yang bisa mengisi suara untuk Max.

Bukan hanya itu, Louis juga ‘merusak’ rencana rilis I Love You, Daddy. Itu diketahui dari pernyataan resmi The Orchard yang seharusnya menjadi distributor film itu. “Kami tidak akan lanjut merilis I Love You, Daddy,” demikian pernyataan itu menegaskan.


Seharusnya film itu dirilis 17 November mendatang, tapi dibatalkan.

Netflix pun membatalkan rencana mereka membuat program bersama Louis. “Kelakuan Louis yang tidak profesional dan tidak pantas dengan rekan-rekan perempuannya membuat kami memutuskan tidak memproduksi stand-up spesial kedua yang sudah direncanakan,” demikian kata Netflix.

Sebelumnya, sang komedian pemenang Emmy Awards juga sudah ‘didepak’ oleh agensi APA, 3 Arts dan publisisinya, Lewis Kay. HBO dan jaringan FX juga memutus hubungan dengannya.

(rsa)