Seri 'Star Trek' dan Adegan Ciuman Gay Pertama dalam Sejarah

Agniya Khoiri , CNN Indonesia | Jumat, 17/11/2017 20:32 WIB
Seri 'Star Trek' dan Adegan Ciuman Gay Pertama dalam Sejarah Star Trek menampilkan ciuman sesama jenis. (startrek.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serial TV Star Trek: Discovery kembali mengukir sejarah. Setelah memperkenalkan Lt. Stamets yang diperankan Anthony Rapp sebagai karakter gay pertama yang diungkap selama 50 tahun sejarah Star Trek, kini serial CBS ini mengambil langkah yang lebih besar.

Mengutip Ace Showbiz, untuk pertama kalinya Star Trek menayangkan adegan ciuman sesama jenis. Adegan itu muncul di episode terbarunya, Into the Forest I Go.

Episode yang ditayangkan akhir pekan lalu ini menampilkan adegan Stamets berciuman dengan rekannya Dr. Hugh Culber (Wilson Cruz) yang tampak khawatir sebelum menyerang musuh.


Melalui akun Twitter, sutradara Q. Allan Brocka pun sempat memberikan komentarnya terkait adegan tersebut. "Pria gay berciuman di Star Trek, Anda hebat #wcruz73 & @albinokid," cuitnya pada video berdurasi 10 detik sembari memberi emoji hati dan bendera pelangi.

Ditayangkannya adegan itu disambut gembira oleh beberapa pencinta Star Trek.



"Ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang episode malam ini dari #StarTrekDiscovery tapi bisakah saya berterima kasih untuk ini? Saya tidak pernah lebih bangga menjadi penggemar #StarTrek. Terima kasih #LGBT," cuit akun @LLAPawsper.



"Saya tidak pernah mengira ciuman di Star Trek akan membuat saya menangis. Tapi terkutuklah jika representasinya tidak terasa baik," tambah akun @c_9.



Waralaba Star Trek adalah perkembangan dari serial yang pertama kali tayang pada 1966.

Star Trek: The Original Series pernah dikritik pada akhir '60-an karena menampilkan ciuman antar-ras. Itu adalah ciuman antarkarakter Kirk dan Uhura.

Star Trek: Discovery pun sempat diprotes karena menampilkan pasangan gay. Sebagai pemain, Cruz secara pribadi sempat membahas permasalahan ini lewat laman akun Facebook-nya.


"Saya tidak berada di sini untuk kenyamanan Anda, itu bukan mengapa kami ada di sini. Kami di sini untuk tumbuh. Star Trek selalu ada di sini, menantang Anda untuk melihat ke luar diri Anda dan melihat orang lain serta pengalaman lainnya dari dalam diri Anda sendiri.”

Ia lanjut menulis, “Anda bisa mematikan TV Anda, tentu saja, tapi Anda hanya akan menipu diri sendiri. Orang LGBTQ tidak akan hilang begitu saja. Kami berbagi planet ini dengan Anda. Kami selalu berada di sini.”

Cruz menuturkan, menyambut perubahan memang tidak selalu mudah. Namun ia mengajak penontonnya untuk mau belajar menerima hal baru. Star Trek, menurutnya, telah memulai hal baik. "Itu memang sulit, jadi pelajarilah. Buka hati dan pikiran Anda," katanya, seperti dikutip Ace Showbiz.

(rsa)