FOTO: Terpancing Datang ke Perpustakaan Cantik di China

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 18/11/2017 09:26 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Foto sebuah perpustakaan di China mendadak viral. Perpustakaan Tianjin Binhai menarik perhatian para pencinta buku berkat desain unik dan cantik.

Foto sebuah perpustakaan di China mendadak viral. Perpustakaan Tianjin Binhai menarik perhatian para pencinta buku berkat desain unik dan cantik. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Namun gambar desain aula yang cantik hanyalah sebagian dari perpustakaan tersebut. Sebagian besar koleksi masih tersimpan di lemari perpustakaan pada umumnya di ruangan lain. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Desain cantik ruangan tersebut didesain oleh firma arsitektur Belanda, MVRDV. Namun karena terjadi masalah dengan pihak manajemen perpustakaan, desain tersebut hanya diwujudkan di bagian aula. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Aula perpustakaan yang disebut 'idaman para kutu buku' tersebut mampu mendatangkan 15 ribu pengunjung di akhir pekan. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Meski cantik dan menarik minat pengunjung, pihak pengelola merasa desain tersebut telah menimbulkan sejumlah masalah seperti tidak cocok untuk menyimpan buku dan memicu kecelakaan pengunjung. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Perpustakaan ini memiliki 200 ribu koleksi dan berambisi meningkatkan jumlah buku hingga 1,2 juta. Atas ambisi tersebut, desain yang cantik dianggap pengelola membuat proses menyimpan buku menjadi sulit. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Namun pengunjung berpikiran lain dengan menganggap desain perpustakaan ini adalah bagian dari proyek mercusuar China. Proyek itu merupakan propaganda dari Partai Komunis China selaku penguasa. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)
Terlepas dari pro-kontra desain cantik perpustakaan Tianjin Binhai, karya ini mampu menggerakkan masyarakat China yang mulai beralih ke aktivitas membaca melalui aplikasi ponsel pintar. (AFP PHOTO / FRED DUFOUR)