Ratu Elizabeth II Rayakan Ulang Tahun ke-70 Pernikahan

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 20/11/2017 10:43 WIB
Ratu Elizabeth II Rayakan Ulang Tahun ke-70 Pernikahan Ratu Elizabeth II rayakan pernikahan platinum bersama Pangeran Philip. (Annie Leibovitz/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip merayakan hari ulang tahun pernikahan mereka pada Senin (20/11). Penggawa Kerajaan Inggris itu telah menikah selama 70 tahun.

Philip menikahi Elizabeth saat masih berusia 25 tahun. Mereka adalah teman sejak remaja.

Mereka menjadi pasangan petinggi Kerajaan Inggris pertama yang masih menjabat dan berhasil mempertahankan pernikahan hingga ke ulang tahun platinumnya. Sang Ratu sendiri merupakan pesohor yang paling lama menjabat sebagai ratu dalam riwayat kemonarkian Inggris.



Meski begitu, pasangan itu tidak menggelar acara besar-besaran untuk publik. Mereka hanya mengundang keluarga dan teman dekat ke Windsor Castle untuk makan malam pada Senin malam.

Namun sebagai penanda pernikahan keduanya yang berlangsung 20 November 1947 lalu, Westminster Abbey akan membunyikan loncengnya. Itu adalah tempat pernikahan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, yang juga saksi janji suci Pangeran William dan Kate Middleton.

Disebut-sebut, gereja legendaris itu juga akan menjadi lokasi pernikahan Pangeran Harry, yang belakangan diberitakan media sudah melamar kekasihnya, Meghan Markle.


Lonceng di Westminster Abbey akan dibunyikan oleh sepasukan yang berisi 10 orang. Itu dibunyikan tanpa henti selama tiga jam 20 menit, sejak pukul satu siang GMT.

Istana Buckingham tentu ikut merayakan tahun ke-70 pernikahan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip. Pada Sabtu (18/11), mereka mengeluarkan potret-potret kedua sosok termasyhur itu, yang diambil November ini di White Drawing Room di Windsor Castle.

Hari bersejarah bagi Ratu Elizabeth itu juga dirayakan Royal Mail, layanan pengiriman surat Kerajaan Inggris. Mereka mengeluarkan satu set perangko baru. Salah satu gambarnya adalah pengumuman pertunangan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip di Istana Buckingham.


Bagian pertama bulan madu mereka di Hampshire juga jadi salah satu gambarnya.

Dalam pernikahan berusia 70 tahun itu, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip dikaruniai empat anak: Charles, Anne, Andrew, dan Edwards. Mereka juga sudah punya enam cucu dan lima cicit. Cicit keenam mereka, anak ketiga William dan Middleton, akan lahir April mendatang.

Sejak musim panas tahun ini, Pangeran Philip sudah tidak mau lagi tampil di hadapan publik. Ia ingin menikmati usianya yang sudah 96 tahun bersama keluarganya saja. Ia menggunakan waktu-waktu luangnya untuk membaca dan melukis. Sementara Ratu Elizabeth, mulai menyerahkan sebagian besar tugas kerajaan ke Charles. Usianya kini 91 tahun.

[Gambas:Video CNN]

Pernikahan keduanya langgeng, mengutip AFP, karena Philip rela membiarkan istrinya lebih menonjol dan Elizabeth mau berbesar hati memaafkan kesalahan-kesalahan suaminya.

“Tugas saya, yang pertama, kedua dan terakhir, tidak mengecewakan Sang Ratu,” ujar Philip. (rsa)