Festival Film Cannes Mendobrak Tradisi 50 Tahun

Rizky Sekar Afrisia , CNN Indonesia | Kamis, 23/11/2017 19:15 WIB
Festival Film Cannes Mendobrak Tradisi 50 Tahun Festival Film Cannes akan berubah tahun depan. (REUTERS/Stephane Mahe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akan ada yang berubah dalam pelaksanaan Festival Film Cannes di Perancis, tahun depan. Penyelenggaranya baru mengumumkan Rabu (22/11) kemarin, mereka akan mendobrak tradisi.

Selama berdekade-dekade, pemberian penghargaan puncak salah satu festival film besar di Eropa itu dilakukan pada hari Minggu. Namun mulai tahun depan, itu akan dilakukan Sabtu.

“Festival ini sedang memulai periode baru dalam sejarahnya,” kata presiden festival itu, Pierre Lescure. Ia berharap, perubahan itu, meski sedikit, bisa signifikan.


Ia ingin perubahan itu bisa kembali menyeimbangkan dan membawa energi baru bagi Festival Film Cannes yang diselenggarakan selama dua pekan penuh, biasanya di bulan Mei.

Bukan hanya itu saja perubahan yang akan terjadi. Festival yang akan digelar untuk kali ke-71 tahun depan itu juga akan dibuka lebih cepat sehari. Biasanya festival itu dimulai pada Rabu setiap tahunnya. Namun tahun depan itu akan berawal 8 Mei, hari Selasa.

Itulah yang membuat malam puncak ada di Sabtu. Durasi festival sendiri tetap dua minggu.


Menurut penyelenggara, mengakhiri festival pada Sabtu “akan memberi eksposur lebih pada film penutup dan membiarkan mereka sorotan lebih banyak di karpet merah gala.”

Mengutip AFP, kritikus film dan pebisnis di dunia hiburan biasanya banyak yang kelelahan dan langsung pulang setelah pasar film Cannes ditutup pada Jumat. Di hari terakhir pasar itu, kesepakatan-kesepakatan besar biasanya dibuat, setelah berdiskusi panjang.

Mereka biasanya melewatkan kompetisi final bagi film-film yang ada, serta penghargaan puncak. Apalagi jika festival masih berlangsung sampai Minggu, akhir dari pekan itu. Sementara mereka harus segera kembali dan mengawali pekan di hari Senin.


Jika festival film selesai pada Sabtu, mereka masih akan terlibat.

Ditambahkan Deadline, Festival Film Cannes 2018 juga akan menjadi sejarah karena itu merupakan 50 tahun sejak pertama diadakan pada Mei 1968. (rsa)