Manortor, Tarian untuk 7 Turunan Keluarga Kahiyang-Bobby

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 24/11/2017 20:13 WIB
Manortor, Tarian untuk 7 Turunan Keluarga Kahiyang-Bobby Di rangkaian adat pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan, manortor adalah prosesi yang paling menarik perhatian. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melanjutkan rangkaian pernikahan dengan menggelar acara adat Mandailing di Medan, Sumatera Utara.

Serupa dengan acara di Jawa, di Tanah Batak Kahiyang-Bobby juga menjalani serentetan pesta adat. Salah satu yang menarik perhatian adalah Manortor, atau menari tor-tor, yang digelar selama lebih dari 12 jam.

Manortor merupakan prosesi tarian sebagai bentuk kegembiraan dan penghormatan kepada Tuhan, leluhur, raja-raja, serta keluarga Kahiyang dan Bobby hingga tujuh tingkatan di atas mereka.



"Manortor itu dulunya menari untuk memberikan penghormatan kepada Tuhan, leluhur, orang tua, mulai tujuh tingkat dari atas sinar pertama [generasi di atas] mereka," kata Budayawan Batak Sudung Parlindungan Lumban Tobing saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (24/11).

Menurut Parlindungan, keluarga besar dari mempelai wajib mengikuti prosesi adat ini. Dalam pesta adat pernikahan Kahiyang-Bobby, artinya marga Nasution dan marga Siregar mesti menjalani upacara Manortor ini.

Banyaknya jumlah keluarga dan tamu undangan yang hadir membuat pesta adat manortor semakin lama. "Kalau pesta kecil hanya empat biasanya, kalau pesta besar Kahiyang-Bobby bisa sampai 24 jam," tutur Parlindungan.

[Gambas:Video CNN]

Pesta adat manortor Kahiyang-Bobby diawali dengan manapokkok lahan atau pulungan yaitu menyembelih kerbau. Kerbau dipilih karena penikahan Kahiyang-Bobby merupakan acara yang besar. Jika acara kecil, binatang yang disembelih dapat berupa lembu.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan membunyikan gordang sambilan atau gondang. Gordang Sambilan merupakan alat perkusi terbesar kedua di dunia. Itulah yang mengiringi upacara adat. Jika Gordang Sambilan telah menggema, manortor resmi dimulai.

Demikian pula, jika bendera-bendera telah dikibarkan, tanda hajatan besar dikumandangan.


Dalam pesta adat Kahiyang-Bobby, manortor dibagi dalam tiga prosesi.

Manortor I dimulai dengan membuka galanggang dan dilanjutkan dengan mangaloalo mora di balaka sitolu tolu. Prosesi itu berlanjut dengan marlongit atau manarimo tumpak, kemudian sidang adat alias maralok-alok.

Pukul 20.00 WIB malam nanti Manortor II atau margalanggang digelar hingga pukul 08.00 WIB keesokan harinya. Jeda satu jam, Manortor III kembali digelar. Ini merupakan puncak upacara adat, di mana Jokowi bakal memberi sambutan.


Orang nomor satu di Indonesia itu dikabarkan juga akan ikut menari tor-tor. Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka, istrinya Selvi Ananda, sampai putra mereka Jan Ethes pun sudah ikut menari tor-tor hari ini.

Acara Manortor III berlanjut dengan Tu Tapian Raya Bangunan, doa untuk menempuh hidup baru. Setelahnya, Kahiyang-Bobby akan diberi gelar sebagai seorang yang sudah berumah tangga.

Manortor kemudian ditutup oleh Manyoda Gordang dengan gondang dan teriakan ‘horas' sebanyak tiga kali. (rsa)