Lagu 'Jadul' yang Bisa Dikenang di The 90's Festival

Agniya Khoiri , CNN Indonesia | Jumat, 24/11/2017 19:13 WIB
Lagu 'Jadul' yang Bisa Dikenang di The 90's Festival Dewa 19 akan menjadi penutup di The 90's Festival Sabtu (25/11). (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah musisi era ‘90-an siap kembali ke atas panggung untuk melantunkan hit andalan mereka dalam gelaran ketiga The 90’s Festival. Acara yang diselenggarakan Sabtu (25/11) besok ini juga bakal diramaikan oleh band asal Amerika Serikat, Sixpence None the Richer.

Band Dewa 19 bersama Ari Lasso dan KLa Project pun akan ikut memeriahkan acara bersama musisi yang telah lama vakum, seperti Shaden, Bragi, Base Jam Reunion, Stinky bersama Andre Taulany, Wayang, Voodoo, D.O.T, Reza Artamevia, Yana Julio, serta The Groove.

Sebelum benar-benar larut bernostalgia di festival yang diselenggarakan di Gambir Expo itu, berikut daftar lagu yang akan mengingatkan pada keseruan karya-karya musisi '90-an.


TIC Band - Terbaik Untukmu

Grup musik asal Surabaya ini telah dibentuk sejak 1998. Namun dalam perjalanannya, grup yang telah merilis tiga album hingga 2003 itu memilih vakum selama 10 tahun hingga 2013.

Lagu Terbaik Untukmu yang menjadi hit andalan mereka masih populer bagi generasi '90-an. TICBand pun akan menandai kembalinya mereka di atas panggung sebagai pengisi The 90's Festival. Mereka akan tampil pada pukul 3 sore di panggung 90's Icon Stage.

[Gambas:Youtube]

Wayang - Dongeng Sebelum Tidur

Nama grup musik yang didirikan di Jakarta pada 1995 ini diambil dari inisial masing-masing personelnya, yakni Wahyu Adrianto, Ahmad Fauzi, Ramdan Wahyudi, dan Gilang Ariestya.

Dalam perjalanan kariernya, Wayang telah merilis tujuh album beserta dua album hit terbaik. Dongeng Sebelum Tidur menjadi hit Wayang yang masuk ke dalam album bertajuk Dongeng (1999).

Wayang akan tampil di waktu yang sama dengan TIC Band di panggung Toped Stage.

[Gambas:Youtube]

Warna - Rindu Ini

Grup vokal yang dibentuk pada 1994 ini mulanya beranggotakan Sarwana Thamrin, Steven Kurniawan Tamadji, Dea Mirella dan Nina Tamam. Namun sejak awal 2000-an, grup ini ditinggalkan dua penyanyi wanitanya yang kemudian diganti Victoria Margareta dan Ira Pangesti Haryono.

Hingga kini, grup yang telah merilis lima album itu masih eksis dengan hit andalan mereka seperti Rindu Ini, 50 Tahun Lagi, serta Sinaran.

Warna akan memeriahkan The 90's Festival dan tampil pada pukul 4 sore di panggung Viewmaster Stage.

[Gambas:Youtube]

Shaden - Dunia Belum Berakhir

Grup musik yang dibentuk pada 1998 ini beranggotakan tiga orang: Abrar (drum), Rijal (gitar) dan Nuri (vokal). Shaden mengawali debut mereka lewat album berjudul Malu, yang dirilis bersamaan dengan tahun mereka dibentuk.

Selama perjalanan kariernya, Shaden telah meluncurkan lima buah album. Salah satu hitnya, Dunia Belum Berakhir identik dengan generasi ’90-an. Shaden akan naik ke atas pentas pukul 16.20 di panggung Toped Stage.

[Gambas:Video CNN]

D.O.T - Jangan Jangan

Didirikan pada 1997, grup yang dimotori oleh dua kakak beradik yaitu Adam Glen Doly (gitar) dan Eza Yayang (drum, vokal) ini dibantu Aroel (bass) bersama Alsa (drum).

Sebelum Alsa, posisi penggebuk drum D.O.T diisi oleh Reno Alvino yang wafat usai menyaksikan acara SEA Games 2011. Selama perjalanan kariernya, grup ini telah memiliki lima buah album termasuk debutnya yang hit, Jangan Jangan (1998).

D.O.T akan tampil pukul 16.40 di panggung 5tgv90's Icon Stage.

[Gambas:Youtube]

T-Five - Kau

Grup beraliran Pop dengan sentuhan R&B dan Hip Hop ini mulai tenar pada awal 2000-an. Selama ini grup yang berdomisili di Bandung itu telah memiliki empat album, T-Five (2001), Bebas (2003), Back To Back (2005), dan The Legacy (2008).

Grup yang merupakan band sekolah ini mulanya mengawali karier pada 1999 dengan personel awal yaitu Gordon (vokal), Nino (vokal), Yerry (vokal), Paul (vokal), Aswin (kibor), Andi (kibor), Bheben (bass), Rizal (gitar) dan Tomtom (drum).

Lagu Kau yang menjadi hit T-Five bagi generasi '90-an akan turut menjadi suguhan mereka di atas panggung Toped Stage pukul 17.00.

[Gambas:Youtube]

Neo - Borju

Grup rap yang beranggotakan tiga personel, Iraldy Erdiham, Aidil Putra, dan Indra Derryano ini pertama kali dikenal pada April 1999. Mereka yang kala itu masih terdiri dari lima personel mengawali kesuksesan lewat lagu Borju.

Seiring dengan waktu, meski ditinggalkan oleh dua personelnya yang lama, NEO tetap konsisten meramaikan industri musik tanah air. Hingga kini genap berusia 18 tahun, mereka telah menghasilkan enam buah album.

Neo akan tampil bersama Sweet Martabak pukul 19.00 di panggung Viewmaster stage.

[Gambas:Youtube]

Stinky - Mungkinkah

Grup yang awalnya digawangi Andre Taulany (vokal), Edi (drum), Nanno (gitar), dan Irwan (bas), Ndank (Gitar) telah berkiprah sejak 1996. Stinky telah merilis delapan album di luar The Best Of Stinky dan Love Song Of Stinky.  

Andre yang telah keluar dari grup itu akan ikut tampil dalam pementasan Stinky pukul 19.55 di pangggung 90's Icon Stage, membawakan hit Mungkinkah.

[Gambas:Youtube]

Base Jam Reunion - Bukan Pujangga

Grup ini sempat mewarnai belantika industri musik Indonesia dua dekade silam. Pada 1994, Base Jam beranggotakan Adon, Sigit, Adnil, Aris, Bambang Sutanto, Intan, dan Ardhini.

Namun, mereka harus menghadapi fase kritis ketika satu per satu personel memutuskan hengkang dan band itu pun mengalami bongkar-pasang personel.

Meski demikian, mereka kini kembali dengan konsep Base Jam Reunion dan akan tampil pukul 20.50 di panggung Viewmaster Stage.

[Gambas:Youtube]

Potret - Salah

Grup musik yang dibentuk pada 1995 beranggotakan lima musisi andalan Indonesia, yakni Melly Goeslaw (vokal), Anto Hoed (bass), Aksan Sjuman (drum), Nikita Dompas (gitar) dan Merry Kasiman (kibor, piano).

Hingga kini, Potret telah menyumbangkan enam buah karya album untuk industri musik tanah air. Lagu Salah menjadi salah satu hit yang kerap ditunggu dalam setiap penampilan Potret pun akan ikut dibawakan mereka di panggung Hardtop Stage pukul 21.55.

[Gambas:Youtube]

Dewa 19 - Kangen

Meski dibentuk pada 1986, lagu-lagu Dewa 19 terus mengiringi momen demi momen pencinta musik generasi '90-an. Pada penampilannya kali ini, Dewa 19 akan membawa serta Ari Lasso sebagai vokalis.

Dewa 19 akan menjadi penampil penutup gelaran The 90's Festival di panggung Toped Stage pukul 22.55. Mereka siap mengantar penonton bernostalgia dengan hit-hit seperti Kangen, Kamulah Satu-satunya, Pupus, dan lain-lain.

[Gambas:Youtube] (rsa)