Kaca Mata Claude Monet Laku Rp695 Juta di Hong Kong

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 29/11/2017 00:10 WIB
Kaca Mata Claude Monet Laku Rp695 Juta di Hong Kong Sejumlah barang pribadi maestro Perancis Claude Monet seperti kaca mata terjual hampir sebesar US$51.457 atau lebih dari Rp695 juta. (REUTERS/Brendan McDermid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah koleksi pribadi dari maestro Perancis, Claude Monet telah terjual hampir US$11 juta dalam sebuah lelang di Balai Lelang Christie's Hong Kong. Salah satu barang pribadi Monet tersebut adalah sepasang kaca mata bulat yang pernah ia gunakan.

Kaca mata mungil yang bingkainya terbuat logam bercat emas tersebut jatuh ke tangan pembeli Asia yang enggan disebutkan namanya pada Minggu (26/11).

Pembeli tersebut bersedia membeli koleksi pribadi pelukis yang hidup dari 1840 hingga 1926 itu sebesar US$51.457 atau Rp695 juta.



Angka penjualan tersebut lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya yaitu US$1.000-1.500.

Selain kaca mata, ada pula sketsa pensil milik Monet, lukisan, dan cetakan kayu asal Jepang yang sempat dimiliki pionir aliran impresionis Perancis tersebut.

Pun, sebuah patung kucing ada abad ke-19 Masehi ketika zaman Edo atau di awal era Meiki ikut terlelang bersamaan dengan benda pribadi Monet.

Patung yang menggambarkan kucing tidur meringkuk sepanjang 32,8 centimeter berhasil terjual US$67.538.

"Koleksi ini menyediakan sebuah wawasan mendalam akan kehidupan Monet sebagai seniman dan sebagai kolektor," kata Adrien Meyer dari Departemen Seni Modern dan Impresionis Balai Lelang Christie's.


Barang lainnya yang dilelang kala itu juga mendapatkan harga di atas perkiraan.

Sebuah lukisan cat minyak bergambar tebing menghadap laut karya Monet berjudul 'Falaises des Petites-Dalles' terjual US$4,6 juta. Gambar lanskap lainnya, Trois arbres a Giverny (Peupliers) terjual US$4 juta.

Total pelelangan menghasilkan US$10,9 juta dan lebih dari 75 persen dari benda yang dilelang jatuh ke tangan pembeli Asia. Pelelangan di Hong Kong terkenal berlangsung cepat, dan mayoritas dikuasai para konglomerat China.

Karya seni Monet kerap dikenal memecahkan rekor pembelian dunia.


Lukisan Meule yang menggambarkan bangunan berujung kerucut terjual di New York tahun lalu sebesar US$81,4 juta. Balai Lelang Christie's mengatakan kala itu angka tersebut adalah sebuah rekor bagi pelukis Perancis.

Rekor sebelumnya terjadi pada Juni 2008 dengan lukisan Water Lilies terjual US$80,4 juta di London.

Salah satu karya pertama Monet berupa sebuah lukisan skesta pensil yang ia buat ketika remaja terjual sebesar US$136.685 juta di Hong Kong. (end)