Pangeran Harry 'Titipkan' Putri Diana di Jari Meghan Markle

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 08:54 WIB
Pangeran Harry 'Titipkan' Putri Diana di Jari Meghan Markle Ada berlian milik Putri Diana di jari Meghan Markle. (REUTERS/Eddie Mulholland/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cincin pertunangan pemberian Pangeran Harry yang akhirnya dipamerkan secara resmi oleh Meghan Markle, Senin (27/11) disebut para ahli sebagai perhiasan yang tak ternilai. Harry sendiri yang mendesainnya. Permatanya juga milik Putri Diana, ibunda Harry.

Permata yang tertatah di tengah cincin emas kuning itu disebut berasal dari Bostwana. Lokasi itu punya sejarah khusus untuk Harry. Saat masih muda, ia pernah berjalan-jalan ke sana. Baru-baru ini, ia menyambangi tempat itu lagi bersama Markle pada ulang tahun ke-36.


Permata itu tak duduk sendirian. Ia diapit dua berlian yang didapat dari koleksi pribadi Putri Diana, yang jelas merupakan barang langka. Cincinnya sendiri buatan perusahaan pilihan Ratu Elizabeth II, Cleave and Company, yang juga sangat eksklusif.


Keterangan itu disampaikan Harry langsung saat diwawancara live oleh BBC untuk pertama kalinya setelah Clearance House mengumumkan pertunangannya dengan Markle.


“Cincin itu jelas emas kuning karena itu favorit Markle dan batu utamanya dari Bostwana dan berlian-berlian kecil di dua sisinya adalah dari koleksi perhiasan ibu saya, untuk memastikan dia [Diana] bersama kami di perjalanan gila ini,” tutur Harry menjelaskan.

Langkah yang sama pernah dilakukan oleh Pangeran William, kakak Harry. Ia memberi istrinya, Kate Middleton, cincin bertatahkan batu safir 18 karat dan berlian yang pernah menjadi milik ibundanya. Pada 1981 saat Pangeran Charles, suami Diana membeli cincin itu untuk sang istrinya, harganya sudah mencapai US$37.307 atau Rp502 juta.

Alasan William pun sama.


“Itu adalah cara saya memastikan ibu saya tidak kehilangan hari ini dan antusiasme yang akan kami habiskan sepanjang sisa hidup kami ke depan,” ungkapnya saat itu.

Lantas berapa harga cincin Harry untuk Markle?

Menurut Michael Fried, CEO Diamond Pro, cincin dengan penampilan klasik seperti milik Markle lengkap dengan berliannya, bisa berharga sampai US$350 ribu atau Rp4,7 miliar.


“Berlian tiga karat seperti itu seharusnya berharga sekitar US$200 ribu (Rp2,7 miliar), dengan kualitas berlian yang berukuran sama tapi bukan untuk keluarga Kerajaan bisa sekitar US$80 ribu (Rp1,1 miliar),” ujarnya memberi perincian harga cincin itu.

Kathryn Money punya pemikiran lain. Petinggi di perusahaan perhiasan Brilliant Earth itu memperkirakan cincin itu punya kapasitas total 6,5 karat. Berlian di tengahnya seberat lima karat. “Cincin ini sungguh tak ternilai, dengan signifikansi budayanya,” ujarnya.

Pangeran Harry akhirnya meresmikan pertunangannya dengan Meghan Markle.Pangeran Harry akhirnya meresmikan pertunangannya dengan Meghan Markle. (REUTERS/Toby Melville)
Perkiraan Amanda Winters dari penjual berlian online terbesar, Blue Nile menyebut cincin itu berharga sekitar US$300 ribu sampai US$350 ribu. Itu karena berliannya sempurna. Jika menginginkan cincin seperti itu tapi berliannya biasa, harganya US$35 ribu-US$40 ribu, menurut wawancaranya dengan Time. (rsa)