Resepsi Pangeran Harry-Meghan Markle Bisa Telan Jutaan Dolar

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 12:34 WIB
Resepsi Pangeran Harry-Meghan Markle Bisa Telan Jutaan Dolar Pangeran Harry dan Meghan Markle siap menikah musim semi 2018. (REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kerajaan Inggris akhirnya resmi mengumumkan pertunangan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Senin (27/11). Mereka disebut akan menikah musim semi, atau sekitar Maret sampai Mei 2018.

Detail pernikahan itu belum diungkap lebih lanjut. Namun mengutip CNN, dipastikan hajatan besar Kerajaan Inggris itu akan menghabiskan biaya yang mahal. Biaya itu sebagian besar akan menjadi tanggungan ayah Harry, Pangeran Charles.

"Secara tradisional biaya pernikahan jatuh pada keluarga istri, tapi pastinya ini tidak akan terjadi di sini," kata Kate Williams, sejarawan dan ahli kerajaan.



Perencana pernikahan dari London, Aimee Dunne mengatakan bahwa pernikahan kerajaan modern biasanya ada enam bagian. "Saya tidak bisa membayangkan Harry dan Meghan bisa mencapai pernikahan yang mereka inginkan hanya dengan harga kurang dari US$670 ribu (Rp 9 miliar).”

Menurut Dunne, setidaknya biaya pernikahan mereka bisa mencapai jutaan dolar, apalagi jika keamanan menjadi pertimbangan utama. Dunne lantas menjelaskan lebih lanjut soal detailnya.

[Gambas:Video CNN]

Sewa Gedung dan Pesta

Biaya sewa gedung bisa dihindari karena mereka menikah di properti milik Ratu Elizabeth II dan keluarga Kerajaan. Itu seperti prosesi pernikahan kakak Pangeran Harry, Pangeran William. Saat itu ia menggelar pernikahan dengan Kate Middleton di Istana Buckingham.

Kala itu mereka memilih merayakan pernikahan dengan makan siang tradisional untuk lebih dari 600 tamu, yang diselenggarakan oleh Ratu dan pejabat kerajaan. Mereka juga menggelar pesta malam yang lebih intim untuk sekitar 300 teman serta keluarga.


"Dengan daftar 500 tamu, saya akan mengatakan bahwa anggaran secara realistis minimal US$200 ribu ke atas [lebih dari Rp2,7 miliar]," kata Dunne soal resepsi.

Gaun

Nantinya, gaun pernikahan Markle dilaporkan dirancang desainer ternama. Saat Middleton menikah, keluarganya membayar gaun pengantin rancangan Alexander McQueen. Sayangnya, hingga kini biaya gaun tersebut belum pernah dikonfimasi secara resmi.

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah musim semi mendatang.Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah musim semi mendatang. (AFP PHOTO / Daniel LEAL-OLIVAS)
Keamanan

Biaya pengamanan akan menjadi pengeluaran terbesar kerajaan. Diperkirakan ada lima ribu polisi yang menjaga pernikahan William dan Middleton. Meski tagihan akhirnya tidak diketahui, tapi pemerintah setempat dilaporkan memberikan bantuan khusus sebesar US$4,8 juta (Rp64,9 miliar) untuk biaya lembur aparat keamanan.

"Tentu situasinya telah berubah sejak pernikahan Kerajaan sebelumnya, jadi persyaratan keamaan akan jauh lebih ketat," kata Williams, merujuk serangkaian teror di London baru-baru ini.


Dampak ke Ekonomi

Saat pernikahan William dan Middleton, masyarakat Inggris mendapat libur tambahan. Hari pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pun dinyatakan sebagai libur istimewa.

Ada dampak ekonomi untuk semua itu. Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis mengatakan bahwa setiap hari libur mengurangi produksi ekonomi sebesar US$3 miliar (Rp40,5 triliun).


Mengutip CNN, ada pendapat bahwa pariwisata yang meningkat selama hari besar itu bisa membantu mengimbangi dampaknya terhadap ekonomi, namun Kantor Statistik Nasional menemukan sedikit bukti dari fenomena tersebut pada 2011. (rsa)