Reese Witherspoon Digugat atas Hak Cipta Film 'Gone Girl'

Agniya Khoiri , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 13:24 WIB
Reese Witherspoon Digugat atas Hak Cipta Film 'Gone Girl' Aktris dan produser film Reese Witherspoon digugat atas tuduhan mencuri ide kreatif dari film yang diproduserinya, 'Gone Girl.' (REUTERS/Mike Stone)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris dan produser film Reese Witherspoon tersandung kasus hukum. Menurut laporan TMZ, ia digugat atas tuduhan mencuri ide kreatif dari film yang diproduserinya, Gone Girl (2014). Film yang juga banyak mendapat respons positif serta penghargaan.

Pelakon berusia 41 tahun itu digugat oleh Leslie Weller, seorang penulis skenario yang mengaku ide ceritanya dicuri untuk naskah film Gone Girl. Weller melaporkan bahwa naskahnya berjudul Out of the Blue pada 2005 sempat ia kirim ke seorang konsultan.

Namun selang beberapa tahun setelahnya, ia merasa skenarionya itu dicuri. Weller mengklaim bahwa film yang diangkat dari buku tersebut, diduga mengambil cerita dari naskah asli miliknya.


Weller mengklaim ada beberapa kesamaan yang berfokus pada hubungan suami istri, yang mana mereka perlahan terpisah. Keduanya mengandung putar-balik cerita (twist) di mana sang istri bukan ibu rumah tangga yang baik, normal, dan agak naif dan sebenarnya merupakan seorang psikopat untuk suaminya.

Weller menyebutkan, baik skenario dan novelnya terstruktur dengan cara yang sama.

"Pertama, semua orang bersimpati dengan istri, dan kemudian kau mulai membenci suami, tapi keadaan berubah dan pada akhirnya, kau membenci mereka berdua," ujarnya dikutip dari TMZ.


"Karya saya dan Gone Girl menampilkan adegan dengan palu yang membuat kau percaya bahwa suami tersebut dapat menyakiti istrimu," imbuhnya.

Selain menggugat Witherspoon sebagai produser Gone Girl, Weller turut melaporkan penulis buku Gillian Flynn serta sutradara David Fincher.

Gone Girl adalah sebuah film thriller psikologis Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2014. Film ini dibintangi Ben Affleck dan Rosamund Pike dengan berlatar tempat di Timur Laut Missouri.

Cerita filmnya sendiri berkisar pada misteri yang menyelimuti segala peristiwa seputar Nick Dunne (Affleck), yang menjadi tersangka utama dalam peristiwa hilangnya Amy (Pike), yakni istrinya secara tiba-tiba.


Film ini diputar perdana pada malam pembukaan Festival Film New York ke-52 pada 26 September 2014 dan diterima dengan baik oleh para kritikus hingga sukses meraih pendapatan lebih dari US$368 juta (Rp4,9 triliun), dan menjadi film David Fincher yang paling laris.

Penampilan Rosamund Pike secara khusus dipuji mendapat perhatian hingga menerima nominasi Academy Award, BAFTA Award, Golden Globe Award dan Screen Actors Guild Award untuk Aktris Terbaik.

Nominasi lainnya termasuk Sutradara Terbaik Golden Globe Award untuk Fincher dan nominasi Golden Globe Award, BAFTA Award dan Critics' Choice Award untuk Skenario Adaptasi Terbaik bagi Gillian Flynn, dan menerima penghargaan Skenario Terbaik Critics' Choice Movie Award.

(res/res)