Sutradara Pria Kuasai Nominasi Golden Globe 2018

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 12/12/2017 12:40 WIB
Sutradara Pria Kuasai Nominasi Golden Globe 2018 Salah satu perhatian yang tertuju untuk Golden Globe 2018 adalah absennya para sutradara wanita cemerlang di kategori Best Director. (REUTERS/Yves Herman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panitia Golden Globe 2018 baru mengumumkan nama peraih nominasi dalam ajang bergengsi di Amerika Serikat tersebut. Namun para sutradara film perempuan tampaknya harus legawa ketika kategori Best Director tahun ini dikuasai laki-laki.

Dalam pengumuman nominasi pada Senin (11/12) malam waktu Indonesia, penyelenggara Golden Globe memilih Gullermo del Toro (The Shape of Water), Martin McDonagh (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Christopher Nolan (Dunkirk), Ridley Scott (All The Money in the World), dan Steven Spielberg (Post) sebagai sutradara terbaik.

Diberitakan Reuters, sejumlah sutradara perempuan penarik perhatian Hollywood seperti Greta Gerwig yang memulai debut dengan Lady Bird yang diterima hangat gagal masuk menjadi kandidat.



Pun dengan Petty Jenkins yang mematahkan anggapan film komersil akan sukses dipegang sutradara laki-laki. Jenkins yang sukses membawa Wonder Woman menjadi salah satu film musim panas terlaris, tak dilirik masuk nominasi.

Atau sejumlah sutradara perempuan serial lainnya, seperti Dee Rees yang menggarap serial Mudbound, dan Kathryn Bigelow yang membuat Detroit. Semuanya tak masuk jadi kandidat peraih piala globe emas.

"Ini memalukan, jujur saja," kata McDonagh, sutradara sekaligus penulis Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.


"Saya tahu ada banyak penulis skenario wanita luar biasa yang diakui [Golden Globe] tahun ini namun tidak dengan hal penyutradaraan, dan mungkin itu akan berubah saat Oscar nanti," lanjutnya.

Meski tidak masuk dalam jajaran nomine Best Director, Gerwig dinominasikan dalam kategori Best Screenplay atas karyanya, Lady Bird. Karya dia itu juga memberikan nominasi kepada bintangnya, Saoirse Ronan dan aktris pendukung Laurie Metcalf.

Metcalf menggambarkan situasi pembuatan Lady Bird amat saling mendukung dan bebas dari stres.

"Dia [Gerwig] membuat suasana syuting amat indah dan pengalaman personal yang menyenangkan untuk seluruh kru dan pemain," kata Metcalf.

[Gambas:Instagram]

Kondisi gagalnya sutradara wanita yang banyak dipuji untuk masuk menjadi nomine Golden Globe ini dinilai cukup sensitif di Hollywood, mengingat sejumlah kasus pelecehan telah menodai reputasi industri perfilman tersebut.

Salah satu yang terjerat dalam kasus pelecehan tersebut adalah aktor Kevin Spacey. Sebagai buntutnya, posisi Spacey dalam film All the Money in the World yang semestinya membuahkan nominasi Golden Globe untuk dia, dibatalkan.

Posisi Spacey dalam nominasi tersebut dialihkan kepada Christopher Plummer. (end)