'Turah' Gagal Masuk Nominasi Film Berbahasa Asing Piala Oscar

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 15/12/2017 14:50 WIB
'Turah' Gagal Masuk Nominasi Film Berbahasa Asing Piala Oscar Film andalan Indonesia, 'Turah' gagal melenggang di ajang Oscar 2018. (Dok. Wicaksono Wisnu Legowo via Youtube.com/Singapore International Film Festival)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film andalan Indonesia, Turah gagal melenggang di ajang Academy Awards atau Oscar 2018. Film garapan sutradara Wicaksono Wisnu Legowo ini tak masuk dalam nominasi kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Penyelenggara Oscar 2018, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences baru saja mengumumkan sembilan film terbaik dari 92 negara yang berhak maju ke proses berikutnya.

Sembilan film itu bakal bersaing untuk menjadi nomine Film Berbahasa Asing Terbaik yang bakal diumumkan 23 Januari mendatang bersama dengan kategori lainnya.
Sayangnya, tak ada film Turah, wakil dari Indonesia yang masuk dalam daftar sembilan film terbaik itu. Film andalan Kamboja yang digarap Angelina Jolie, First They Killed My Father juga tak ada dalam daftar nomine itu, meski mampu menembus nominasi Golden Globe.


Beberapa film yang masuk dalam daftar nomine Film Berbahasa Asing Terbaik Piala Oscar sudah pernah memenangkan beberapa penghargaan internasional.

The Square dari Swedia telah menyabet gelar Palme d'Or di Cannes Film Festival tahun ini. Pun dengan jagoan Rusia, film drama Loveless yang memenangkan Cannes Jury Prize.

[Gambas:Youtube]


Sembilan film terbaik ini nantinya akan dinilai oleh dewan juri di New York, Los Angeles dan London untuk mendapatkan beberapa nama sebagai nominasi.

Diberitakan The Hollywood Reporter, berikut daftar sembilan film yang berhasil melaju untuk memperebutkan gelar juara kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Oscar 2018:

Chile: Fantastic Woman - Sebastián Lelio
Jerman: In the Fade - Fatih Akin
Hungaria: On Body and Soul - Ildikó Enyedi
Israel: Foxtrot - Samuel Maoz
Libanon: The Insult - Ziad Doueiri
Rusia: Loveless - Andrey Zvyagintsev
Senegal: Félicité - Alain Gomis
Afrika Selatan: The Wound - John Trengove
Swedia: The Square - Ruben Östlund

[Gambas:Youtube]

(res/res)