Music at Newsroom

Pesan Kehidupan dalam Sajian Musik Alternatif Scaller

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 22/12/2017 19:10 WIB
Pesan Kehidupan dalam Sajian Musik Alternatif Scaller Berawal dari vokal group semasa SMA, duo Reney Karamoy dan Stella Gareth bergabung dalam Scaller. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengusung musik alternatif, duo Reney Karamoy dan Stella Gareth yang tergabung dalam Scaller memberanikan diri menjajal belantika musik Indonesia.

Berawal dari grup vokal SMA pada 2007 dan tampil di beragam kafe hingga atrium mal membawakan lagu penyanyi lain, kini Scaller sudah punya karya sendiri.

Mereka sudah menghasilkan sebuah album mini bertajuk 1991 (2013) dan satu album studio, Senses (2017).


Musik alternatif dipilih Reney dan Stella untuk mendeskripsikan musik yang mereka bawa. Menurut duo yang baru saja menjadi pasangan suami-istri itu, musik alternatif mempunyai definisi yang luas dan mencakup semua genre.


"Kalau ditanya genrenya apa, kami bilangnya alternatif. Karena dari segi visi bermusik sendiri, kami berdua percaya bahwa musik harus berkembang terus, jadi enggak ada patokan genre yang harus kami geluti," kata Reney saat berbincang dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Nuansa musik yang cenderung bold dan dark itu berpadu dengan pesan tentang kehidupan dalam beragam lirik yang dibuat Reney dan Stella.

[Gambas:Youtube]

Dari album Senses yang rilis awal tahun ini misalnya, Reney dan Stella banyak bercerita tentang hubungan antar manusia.

"Semua tentang yang kami alami mulai dari lirik dan dinamikanya dibentuk lewat musik yang disajikan. Semoga yang kami alami itu bisa sampai dan berhubungan dengan pendengar," tutur Reney.

Kombinasi musik Reney dan Stella ini banyak terpengaruh dari musisi asing. Musik Scaller yang kaya, datang dari banyak mendengarkan komposer musik minimalis dan produser musik elektronik.

Radiohead dan The Beatles diakui jadi panutan Scaller dalam visi bermusik.


"Kami berdua banyak banget mendengarkan musik dari segala era. Kami percaya musik itu mencakup ke semua era dan akan selalu balik lagi ke sekarang," ucap Reney.

Pandangan soal musik itulah yang akhirnya memunculkan nama Scaller. Reney dan Stella membuat akronim Scaller yang berarti Simply Called Reverse.

Perjalanan Scaller dalam bermusik serta karya-karya musik alternatif mereka bisa disaksikan dalam program Music at Newsroom di CNNIndonesia.com pada Rabu (27/12) pukul 14.00 sampai 15.00 WIB. (end)