Novelis Kriminal Sue Grafton Meninggal Akibat Kanker

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 30/12/2017 04:40 WIB
Novelis Kriminal Sue Grafton Meninggal Akibat Kanker Novelis kriminal Sue Grafton, yang dikenal dengan serial Alfabet Kinsey Millhone meninggal duna di usia ke-77 akibat kanker. (Caio Resende/Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia -- Novelis kriminal Sue Grafton, yang dikenal dengan serial Alfabet Kinsey Millhone meninggal duna di usia ke-77. Grafton meninggal setelah berjuang melawan kanker selama dua tahun.

Grafton meninggal di Santa Barbara, California, pada Kamis (28/12) dikelilingi oleh keluarganya.
[Gambas:Instagram]
Grafton terkenal karena serangkaian novel misteri pembunuhan yang masing-masing dimulai dengan huruf yang berbeda. Novel terakhir yang dirilisnya adalah "Y for Yesterday," yang diterbitkan pada bulan Agustus.

"Sue meninggal dunia semalam setelah dua tahun berkelahi dengan kanker," tulis putrinya, Jamie Clark dalam situs milik Grafton pada Jumat (30/12), seperti dikutip dari Reuters.


"Meskipun kami tahu ini akan datang, itu tidak terduga dan cepat, dia baik-baik saja sampai beberapa hari yang lalu, dan kemudian semuanya bergerak cepat," Clark menambahkan.

Grafton tidak pernah membiarkan buku-bukunya diubah menjadi film atau acara TV.

"Yang juga menjadi perhatian keluarga adalah serial alfabet harus berakhir di Y," tulis Clark.

Dikutip dari Courier Journal, novel seri terakhirnya "Z is for Zero," dijadwalkan rilis pada musim gugur 2019 mendatang. Namun, suaminya, Steve Humphrey menyebut Grafton belum mulai menulis novel tersebut.

"Dengan kemoterapi yang harus dijalaninya, dia tidak memiliki banyak energi dan keinginan untuk menulis. Hanya akan ada 25 seri untuk Alfabet," ungkapnya.

Novel Grafton menampilkan penyidik ​​pribadi wanita Kinsey Millhone yang tinggal di kota fiktif di California, Santa Teresa.

Novel pertamanya, "A untuk Alibi," diterbitkan pada tahun 1982. Buku-buku karyanya tersebut telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa dan secara reguler menduduki daftar penjual terbaik di Amerika Serikat.

Grafton memenangkan banyak penghargaan untuk pekerjaannya termasuk dari British Crime Writers 'Association dan Mystery Writers of America. (agi/agi)


ARTIKEL TERKAIT