Mengintip 5 Ajang Besar di Musim Penghargaan Film dan Musik

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Sabtu, 06/01/2018 15:11 WIB
Mengintip 5 Ajang Besar di Musim Penghargaan Film dan Musik Mahershala Ali memenangkan Oscar untuk Best Actor in Supporting Role atas perannya di 'Moonlight' (2016). (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam ajang diadakan pada musim penghargaan yang berlangsung sejak November hingga Februari setiap tahunnya di Hollywood.

Tercatat, setidaknya ada 19 ajang penghargaan film dan satu dari musik selama empat bulan di momen pergantian tahun tersebut.

Semula, Emmy Awards selaku ajang tertinggi untuk pertelevisian Amerika Serikat juga digelar pada periode yang sama, tepatnya dimulai 25 Januari 1949. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penyelenggaraan Emmys semakin mundur hingga mulai 1977 selalu diadakan sekitar Agustus dan September.


Dari sekian banyak penghargaan yang diadakan di awal tahun, CNNIndonesia.com memilih lima ajang besar yang tidak boleh dilewatkan pemirsa.

Golden Globe Awards

Tahun ini, Golden Globe akan memasuki penyelenggaraan ke-75 kali. Sejak diadakan pada 1947, Golden Globe memberikan penghargaan pada dunia perfilman dan petelevisian, baik di Amerika Serikat maupun internasional.

Golden Globe menjadi ajang bergengsi bagi insan televisi dan film di Amerika Serikat.Golden Globe menjadi ajang bergengsi bagi insan televisi dan film di Amerika Serikat. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Diadakan oleh Hollywood Foreign Press Association, keseluruhan nominasi terbagi menjadi dua kategori besar: komedi/musikal dan drama. Total, ajang ini memiliki 34 nominasi, yang terdiri dari 15 film, 11 televisi, dan delapan penghargaan khusus.

CNN menyebut, nomine dan pemenang Golden Globe hanya dapat dipilih oleh anggota Hollywood Foreign Press Association.

Anggota dari Hollywood Foreign Press Association ini berjumlah sekitar 90 jurnalis yang berbasis di California selatan yang meliput industri hiburan untuk seluruh dunia.

Tahun ini Golden Globe akan diadakan pada Minggu, 7 Januari malam waktu Los Angeles di The Beverly Hilton, Beverly Hills.

Screen Actors Guild Awards

Di Amerika Serikat, setiap unsur perfilman memiliki serikat pekerjanya masing-masing, mulai dari para aktor dan penampil yang ditampung oleh Screen Actor Guild, hingga produser dalam Producers Guild of America.

Masing-masing serikat pekerja ini pun memiliki ajang penghargaannya sendiri. Namun, Screen Actors Guild Awards adalah yang paling menarik perhatian.

Sejak didirikan pada 1995, Screen Actors Guild Awards memberikan penghargaan kepada para aktor dan penampil dalam film dan televisi yang tayang di waktu utama.

Untuk karya film, ajang ini memiliki 6 nominasi. Untuk karya pertelivisian, ajang ini memiliki 9 nominasi yang terbagi untuk kategori drama, komedi, miniseri atau film televisi, serta penghargaan khusus untuk stuntman. Selain itu, ada satu penghargaan khusus berupa lifetime achievement award.

[Gambas:Instagram]

Lantaran diselenggarakan oleh Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artist (SAG-AFTRA), hanyalah anggota lembaga tersebut yang diperbolehkan memilih nomine dan pemenang ajang ini, atau dengan kata lain, dipilih oleh sesama aktor.

Lembaga SAG-AFTRA sendiri memiliki nyaris 160 ribu anggota yang terdiri dari aktor, penyiar, jurnalis, penari, DJ, pembawa acara, dalang, musisi, stuntman, penyulih suara, dan profesi lainnya di media.

Tahun ini, SAG Awards dilangsungkan untuk ke-24 kalinya pada 21 Januari 2018.

Grammy Awards

Ajang Grammy Awards adalah acara yang tak mungkin dilewati oleh pencinta musik. Sebagai satu-satunya acara musik di musim penghargaan, Grammy Awards pun menjadi ajang tertinggi di dunia musik.

Grammy Awards diadakan pertama kali pada 4 Mei 1959 oleh The Recording Academy untuk memberikan penghargaan kepada musisi yang terlibat di industri musik berbahasa Inggris.

Sebagai ajang tertinggi di bidang musik, Grammy menampilkan 14 genre yang masuk dalam industri. Tercatat, ajang ini memiliki empat kategori utama atau umum, 80 kategori lain, dan satu nominasi khusus.

[Gambas:Video CNN]

Empat kategori utama atau umum merupakan capaian tertinggi di Grammy dan tidak dibatasi oleh genre. Keempat kategori ini adalah Album of the Year, Record of the Year untuk penampil dan tim atas suatu single lagu, Song of the Year untuk penulis atau komponis suatu single lagu, dan Best New Artist.

Nomine dan pemenang Grammy Awards hanya dapat dipilih oleh anggota The Recording Academy yang terdiri dari penyanyi, penulis lagu, komponis, produser, manajer musik, dan profesi lainnya yang berkaitan. Total, diperkirakan The Recording Academy memiliki 20 ribu anggota.

Tahun ini, Grammy Awards dilangsungkan untuk ke-60 kalinya pada 28 Januari 2018 di Madison Square Garden, New York City.

British Academy Film Awards

Acara tahunan British Academy of Film and Television Arts Awards atau BAFTA Awards ini merupakan satu-satunya ajang besar di musim penghargaan yang tidak diadakan di Hollywood.

BAFTA Awards dibuat pertama kali pada 29 Mei 1949 untuk memberikan penghargaan kepada film Inggris dan internasional terbaik. Namun, penghargaan ini terbatas pada film yang diputar di Inggris Raya.

Sebanyak lebih dari 6.500 anggota BAFTA memilih nominasi dan pemenang ajang ini. Masyarakat umum diperkenankan untuk memilih penghargaan khusus kepada bintang pendatang baru.

Acara BAFTA Awards ke-70 tahun ini akan diadakan pada 18 Februari di Royal Opera House, London.
Patung wajah jadi ciri khas BAFTA Awards.Patung wajah jadi ciri khas BAFTA Awards. (REUTERS/Stefan Wermuth)

Academy Awards

Academy Awards atau yang lebih dikenal berkat piala penghargaannya, Oscar, adalah puncak dari musim penghargaan. Academy Awards pun menjadi ajang tertua dari seluruh acara di musim tersebut.

Ajang yang kerap disebut The Oscars ini dilaksanakan pertama kali pada 16 Mei 1929 oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) di Hollywood Roosevelt Hotel.

Namun, Academy Awards baru disiarkan pertama kali di radio pada 1930 dan televisi pada 1953.

Seperti yang telah diketahui, Academy Awards merupakan ajang tertinggi di dunia perfilman dunia dan sebagai ajang terpenting di Hollywood.

Kini, Academy Awards memiliki 24 nominasi dan enam penghargaan khusus yang dipilih oleh sekitar enam ribu anggota AMPAS, dengan 22 persen di antaranya merupakan aktor sebagai komposisi terbesar.

Academy Awards ke-90 akan berlangsung pada 4 Maret 2018 di Dolby Theatre, Los Angeles. Nominasinya sendiri diumumkan pada 23 Januari 2018.

[Gambas:Youtube] (end)