5 Lagu Lintas Zaman Yon Koeswoyo dan Koes Plus

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 05/01/2018 11:20 WIB
5 Lagu Lintas Zaman Yon Koeswoyo dan Koes Plus Meski Yon Koeswoyo kini telah meninggal, lagunya bersama Koes Plus tetap abadi melintasi zaman. (Detikcom/Hasan Alhabshy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski Koes Plus telah ditinggal oleh Yon Koeswoyo, Jumat (5/1), kepopuleran band tersebut masih terus bergema melalui lagu hit mereka.

Mengalami masa gemilang di dekade 60'an hingga 70'an, lagu-lagu Koes Plus banyak melintasi zaman dengan dibawakan ulang dalam versi modern.

Sejumlah musisi Indonesia sempat membawakan ulang lagu hit Koes Plus, seperti Ruth Sahanaya, Armand Maulana, Marshanda, Sheila on 7, hingga Kahitna.



Bahkan, versi modern tersebut sempat diabadikan dalam album Salute to Koes Plus/Bersaudara. Berikut lagu-lagu Koes Plus/Bersaudara yang dinyanyikan ulang para musisi Indonesia.

Andaikan Kau Datang - Ruth Sahanaya

Lagu ini sebelumnya telah dirilis Koes Plus pada 1970. Bersama Erwin Gutawa, Ruth Sahanaya menggubah lagu tersebut pada 2004. Lagu tersebut pun kerap dibawakan penyanyi yang disapa Uthe ini dalam konser-konser tunggalnya.

[Gambas:Youtube]

Jemu - Armand Maulana

Salah satu lagu andalan Koes Plus ini dirilis pertama kali pada 1975. Lagu ini pun sempat dinobatkan sebagai satu dari 150 Lagu Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi Majalah Rolling Stone Indonesia.

[Gambas:Youtube]

Kisah Sedih di Hari Minggu - Marshanda

Lagu ini dirilis Koes Plus pertama kali pada 1970. Lagu itu dinyanyikan ulang Marshanda pada 35 tahun kemudian sebagai lagu tema sinetron berjudul sama.

[Gambas:Youtube]

Manis dan Sayang - Andi /rif

Lagu yang terdapat dalam album Dheg Dheg Plas milik Koes Plus ini dirilis pada 1969. Andi /rif kemudian membawakannya ulang bersama Erwin Gutawa pada 2004 dengan versi rock.

[Gambas:Youtube]


Dara Manisku - Chrisye

Lagu Dara Manisku menjadi salah satu lagu debut Koes Plus kala pertama kali terjun ke industri hiburan pada awal 1960-an. Lagu ini sendiri pertama kali dirilis pada 1962.

Pada 40 tahun kemudian, Chrisye merilis sebuah album berisi banyak hit yang populer selama tahun 1940-2002 dan turut menyertakan lagu tersebut ke dalamnya.

[Gambas:Youtube]

Bunga di Tepi Jalan - Shela on 7

Lagu pop yang dirilis Koes Plus pada 1978 ini dinyanyikan ulang Duta 'Sheila on 7' pada 2004. Duta turut menyanyikan lagu itu dalam album persembahan untuk Koes Plus dengan tata musik dari Erwin Gutawa.

[Gambas:Youtube] (end)