Angan Terakhir Yon Koeswoyo: Gelar Sarjana Sang Anak

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 06/01/2018 13:13 WIB
Angan Terakhir Yon Koeswoyo: Gelar Sarjana Sang Anak Suasana pemakaman Yon Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Sabtu, 6 Desember 2018. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di mata keluarga, Yon Koeswoyo adalah sosok ayah pada umumnya yang ingin melihat anak-anaknya sukses dan mengutamakan pendidikan. Semasa hidupnya ia tidak memaksakan anak-anaknya untuk mengikuti jalur musik yang ia pilih.

Hal itu dikemukakan sang istri, Bonita Angelia usai pemakaman Yon di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan, Sabtu (6/1), bahwa suaminya begitu ingin melihat anak ketiganya, Aron Koeswoyo, diwisuda.

“Dia ingin banget liat Aron diwisuda. Kalau bicara tentang Aron semangat sekali. Dia sosok yang super baik, walaupun cuek tapi memerhatikan keluarga,” katanya.

Bonita menambahkan, “Kalau seni biar mengalir sendiri, adiknya Aron sudah mulai (bermusik) tapi tetap pendidikan nomor satu, karena itu menjadi kebanggaan orangtua lihat anaknya berhasil.”


Lebih lanjut, ia pun memaparkan bahwa perbincangan soal keinginan melihat anaknya diwisuda menjadi hal yang terus dibicarakan oleh Yon sampai ajal menjemput.

“‘Saya sampai enggak ya lihat Aron wisuda’," ujar Bonita menuturkan kembali kecemasan Yon semasa hidup. "Karena dia orang yang semangat kami pun bilang 'sampai kok pap’.”

Sayang, mimpi Yon untuk melihat anak ketiganya menjadi sarjana tidak terwujud hingga ia meninggal dunia pada Jumat (5/1) kemarin karena menderita sakit komplikasi diabetes. Terlebih Yon sendiri dulu tak berhasil menyelesaikan studinya di jurusan Arsitektur Universitas Res Publica (Universitas Trisakti) pada 1965.

Untuk mendiang suaminya, Bonita meminta doa terbaik.

“Yang pasti minta yang terbaik buat Yon. Mungkin dia sudah tenang dan akan tersenyum bangga ketika anaknya menjadi sarjana,” tutur Bonita.




(vws)