BAFTA Awards 2018 Dikritik soal Kurangnya Keberagaman Nomine

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 10/01/2018 20:07 WIB
BAFTA Awards 2018 Dikritik soal Kurangnya Keberagaman Nomine Daftar nominasi BAFTA 2018 langsung dikritik karena dianggap nominenya tak beragam. (REUTERS/Stefan Wermuth)
Jakarta, CNN Indonesia -- British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) baru saja mengumumkan daftar lengkap nominasi penghargaan tahun ini. Sayangnya, daftar itu langsung dikritik karena nominenya dianggap tak beragam. 

Daftar nomine BAFTA dianggap terlalu berpihak pada kaum kulit putih dan laki-laki. Padahal, para kritikus sudah menggantungkan harapan agar nomine BAFTA lebih beragam ketimbang nominasi Golden Globes 2018 yang juga menuai kritik serupa.

Para kritikus menyoroti nomine BAFTA untuk kategori Sutradara Terbaik yang semuanya merupakan laki-laki. 
Lima nominasi Sutradara Terbaik terdiri dari Denis Villeneuve (Blade Runner 2040), Luca Guadagnino (Call Me By Your Name), Christopher Nolan (Dunkirk), Guillermo del Toro (The Shape of Water), dan Martin McDonagh (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri).






BAFTA tak tinggal diam menanggapi banyaknya kritik yang masuk. BAFTA menjelaskan bahwa jumlah sutradara perempuan sangat sedikit sehingga tak bisa memenuhi kategori nominasi.

"Kami tidak memungkiri itu. Realitanya, dari sutradara yang masuk tahun ini, hanya 16 persen yang merupakan perempuan, sehingga semakin sulit untuk dicapai," tulis BAFTA melalu akun Twitter resminya.



Selain itu, kritikus juga menyoroti nomine untuk Aktor Pendukung dan Aktris Pemeran Utama Terbaik yang semuanya berkulit putih.
Nominasi untuk Aktor Pendukung yakni Christopher Plummer (All the Money in the World), Hugh Grant (Paddington 2), Sam Rockwell (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Willem Dafoe (The Florida Project) dan Woody Harrelson (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri).

Sedangkan nomine untuk Aktris Pemeran Utama yakni Margot Robbie (I, Tonya), Sally Hawkins (The Shape of Water), Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Saoirse Ronan (Lady Bird) dan Annette Bening (Film Stars Don’t Die in Liverpool).





Diberitakan NME, sebelumnya pada 2016 lalu, BAFTA mengumumkan telah mengubah kriteria penilaian untuk mendukung keragaman.

Malam penganugerahan terbesar bagi insan perfilman di luar Amerika Serikat itu akan digelar pada 18 Februari mendatang di Royal Albert Hall, London, Inggris.

Tahun ini, daftar nominasi dikuasai oleh The Shape Water yang masuk dalam 12 kategori, disusul oleh Three Billboards Outside Ebbing, Missouri dan Darkest Hour yang masing-masing mendapat sembilan nominasi.
(res)