Para Musisi Penerima Penghargaan Khusus Grammy Awards 2018

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 11/01/2018 13:33 WIB
Para Musisi Penerima Penghargaan Khusus Grammy Awards 2018 Band Queen termasuk yang diberi penghargaan khusus di Grammy Awards 2018. (AFP PHOTO / JEAN-CLAUDE COUTAUSSE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyelenggara Grammy Awards, The Recording Academy telah mengumumkan penerima penghargaan Lifetime Achievement Awards tahun ini. Band rock Queen, penyanyi rock Tina Turner, penyanyi dan penulis lagu Neil Diamond, serta legendaris country menjadi nama-nama yang akan menerima penghargaan khusus tersebut pada ajang yang berlangsung akhir bulan ini.

Mengutip CNN, penyelenggara juga mengumumkan bahwa Hal Blaine, Neil Diamond, Emmylou Harris, Louis Jordan dan The Meters pun akan menerima penghargaan atas kontribusi artistik yang luar biasa pada bidang rekaman.


Sementara Bill Graham, Seymour Stein dan John Williams akan dianugerahi Trustees Award. Selain mereka, Tony Agnello dan Richard Factor akan menerima Technical Grammy Awards.

Semua penghargaan tersebut masuk dalam kategori khusus bertajuk Special Merit Awards.

"Penerima penghargaan Special Merit Awards tahun ini adalah kelompok dari ragam pencipta yang memiliki pengaruh besar dan telah membuat atau berkontribusi pada beberapa karya khas dalam sejarah musik," kata Neil Portnow, Presiden dan Pemimpin Eksekutif The Recording Academy.


"Tokoh-tokoh yang sangat inspiratif ini dihormati sebagai legenda, ahli kreatif dan para visioner. Prestasi dan semangat yang luar biasa untuk bakat mereka telah menciptakan warisan abadi," tambahnya.

Sebelumnya, The Recording Academy telah mengumumkan jajaran penampil utama di Grammy Awards 2018. Di antaranya ada Lady GaGa, Pink, Childish Gambino a.k.a Donald Glover dan Little Big Town.

Ajang tersebut nantinya menjadi penampilan perdana Gambino di Grammy. Sementara bagi Gaga, itu adalah penampilan keenamnya. Keempat musisi pun telah dipastikan menjadi nomine untuk beberapa kategori tahun ini. Gaga diketahui menerima dua nominasi untuk lagu Beautiful Trauma dan Best Pop Solo Perfomance Award untuk lagunya What About Us.

Penampilan Lady Gaga bersama Metallica di Grammy Awards 2017.Penampilan Lady Gaga bersama Metallica di Grammy Awards 2017. (Kevin Winter/Getty Images for NARAS/AFP)
Daftar nominasi tahun ini didominasi oleh rapper Jay Z yang menerima delapan kategori termasuk Record of the Year dan Best Rap Song untuk albumnya The Story of O.J. Kendrick Lamar dan Bruno Mars menyusul di belakangnya dengan tujuh kategori.

Diberitakan CNN, Grammy Awards ke-60 akan berlangsung pada 28 Januari mendatang di Madison Square Garden, New York City. James Corden kembali didapuk sebagai pemandu acara. (rsa)