Efek Rumah Kaca Cari Dana Untuk Terbang ke SXSW 2018

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Jumat, 12/01/2018 19:42 WIB
Efek Rumah Kaca Cari Dana Untuk Terbang ke SXSW 2018 Efek Rumah Kaca tengah sibuk mencari dana demi bisa tampil dalam festival musik akbar South By South West (SXSW) 2018 di Texas, AS. (CNN Indonesia/Ajeng Dinar Ulfiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengawali 2018, band Efek Rumah Kaca (ERK) mendapat kabar bahagia. Mereka akan tampil dalam festival musik akbar South By South West (SXSW) 2018 di Texas, Amerika Serikat, pada Maret mendatang.

"Efek Rumah Kaca menjadi salah satu band yang akan mewakili Indonesia pada festival @sxsw 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat. Mohon doanya agar semuanya lancar," tulis ERK pada akun @sebelahmata_erk.

Pembetot bas Poppie Airil bercerita, ERK telah mendaftar agar bisa tampil di SXSW sejak beberapa tahun lalu. Namun, usaha itu kandas lantaran tak pernah lolos kurasi.


Tahun ini, papar Poppie, pihak SXSW melihat band-band yang pernah daftar tahun sebelumnya namun tidak lolos. ERK adalah salah satu band yang terpilih untuk tampil dalam salah satu festival musik terbesar di dunia itu.

"Kami ditanya mau daftar lagi atau enggak tahun ini, lalu kami ikut dan ternyata lolos. Pengumuman akan tampil dihubungi langsung oleh pihak SXSW lewat email," kata Poppie kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (12/1)

Jalan yang kurang mulus harus ERK lalui untuk terbang ke SXSW. Band yang beranggotakan Cholil Mahmud (vokal/gitar), Adrian Yunan (bas/vokal) dan Akbar Bagus (drum) itu perlu mencari dana dan sponsor untuk tampil di SXSW.


"Dari Jakarta berangkat sembilan orang, lima orang dibantu dana dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Ditambah Cholil, Irma dan Angan Senja (anak Cholil) berangkat dari New York," kata Poppie.

Kurang lebih selama dua bulan ERK akan keliling mencari dana dan sponsor. Salah satu cara yang bakal ditempuh, tutur Poppie, adalah dengan menggelar konser.

"Kami ada rencana sekalian promo perihal SXSW ini, jadi perlu dipersiapkan dengan matang kalau ada konser," katanya.


Lebih lanjut, Poppie mengatakan ERK akan banyak membawakan lagu-lagi dari album ketiga, Sinestesia (2015). Album itu berisikan lagu Merah, Biru, Jingga, Hijau, Putih dan Kuning.

Poppie yakin lagu ERK yang berlirik bahasa Indonesia tidak akan menjadi kendala tampil di Negeri Paman Sam. Menurutnya, pengunjung yang datang ke SXSW ingin menikmati musik sebagai salah satu seni. Mereka pun sudah terbiasa dengan perbedaan bahasa mengingat banyaknya musisi asing dalam gelaran itu.

"Penampil di sana juga banyak yang dari luar Amerika. Kurasi SXSW berdasarkan semua album yang ada, video penampil saat konser dan lain-lain. Jadi bahasa Indonesia kayaknya enggak masalah," kata Poppie.


Informasi penampilan ERK juga tertera dalam situs resmi SXSW 2018. Pada laman tersebut, terdapat foto personel ERK, lagu bertajuk Putih dan penjelasan singkat mengenai band yang berdiri sejak tahun 2003 itu.

"Mendengar ERK seperti membaca koran. Mereka selalu menyajikan topik politik, lingkungan dan agama yang aktual dari sudut pandang yang kuat. Lagu disajikan dengan penulisan lirik yang baik, melodi yang kuat serta aransemen yang kaya," penjelasan ERK pada situs SXSW.

"Didukung dengan dengan suara Cholil yang jernih dan menghantui, menjadikan ERK sebagai band yang kuat di kancah musik indie Indonesia. Sejauh ini mereka sudah merilis tiga album yang telah mendapat kritik positif dan sukses secara komersial.“

[Gambas:Youtube] (res)