Chris Brown Terancam Penjara Gara-gara Monyet

Rizky Sekar Afrisia , CNN Indonesia | Sabtu, 13/01/2018 21:49 WIB
Chris Brown Terancam Penjara Gara-gara Monyet Chris Brown bermasalah dengan hukum karena punya monyet tanpa izin. (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chris Brown terancam kembali berurusan dengan hukum. Kali ini bukan karena pemukulan atau tindak kekerasan lainnya, melainkan gara-gara memelihara seekor monyet.

Diberitakan Ace Showbiz, sang musisi tengah menghadapi tuntutan kriminal dari kantor jaksa Los Angeles City karena memelihara seekor monyet capuchin bernama Fiji.

Masalahnya, muncul temuan dari investigasi Departemen Perikanan dan Satwa Liar California yang menyebut bahwa Brown tidak punya izin untuk memelihara binatang yang dilindungi itu.

Menurut perkembangan terbaru dari TMZ, Brown sudah menyerahkan peliharaannya secara sukarela. Kasus pun sudah digulirkan ke kantor kejaksaan. Namun ia masih terancam penjara.

Investigasi Departemen Perikanan dan Satwa Liar California terhadap Brown diawali dari unggahannya di Instagram pada awal Desember lalu. Dalam sebuah video Brown memperlihatkan putrinya, Royalty yang berusia tiga tahun, memeluk seekor monyet capuchin.

Departemen itu lantas dibanjiri laporan karena Brown menyebut monyet itu peliharaannya.

“Memiliki monyet tanpa izin itu melanggar aturan, termasuk beberapa binatang lain di California,” ujar salah satu petugas dari Departemen Perikanan dan Satwa Liar California.

Mereka lantas melakukan penyelidikan dan ditemukan fakta bahwa Brown tak punya izin atas monyetnya. Awal bulan ini, surat penggeledahan atas rumah Brown diterbitkan.

“Monyet itu diamankan sebagai bukti dan mereka akan mengajukan kasusnya kepada kantor pengacara LA. Saya tidak tahu apakah itu sudah akan diperkarakan. Mungkin secepatnya.”

[Gambas:Instagram]

Jika terbukti bersalah, mengutip Ace Showbiz, Brown bisa terancam enam bulan penjara.

Namun di sisi lain, pengacara Brown, Mark Geragos yakin kliennya tidak akan terdampak apa pun atas permasalahan itu. Geragos menyebut kejaksaan bertindak tidak jelas karena “menghabiskan uang pajak untuk menyelidiki persoalan monyet semata.”

Sebelumnya, Justin Bieber juga dikabarkan memiliki monyet capuchin sebagai peliharaan.

Brown baru-baru ini menjadi pemberitaan karena menggandeng Agnez Mo dalam duetnya. (rsa)