Sepenggal Kisah Perjalanan O'Riordan dan The Cranberries

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 04:30 WIB
Sepenggal Kisah Perjalanan O'Riordan dan The Cranberries O'Riordan bersama The Cranberries mengalami kesuksesan di era 1990-an. (AFP PHOTO/GUILLAUME SOUVANT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dolores O’Riordan, vokalis The Cranberries ditemukan meninggal dunia di sebuah hotel di London, Inggris. O’Riordan disebut juru bicaranya, Lindsey Holmes meninggal dunia secara tiba-tiba.

"Penyanyi Irlandia dan internasional Dolores O'Riordan telah meninggal tiba-tiba di London hari ini, anggota keluarga hancur," kata Lindsey Holmes dalam sebuah pernyataan dikutip AFP, Selasa (6/1).

Sosok O’Riordan tak lepas dari band yang membesarkan namanya, The Cranberries. Band ini meraih sukses internasional di tahun 1993 dengan album debut mereka “Everyone Else is Doing it, So Why Can not We?”. Dalam album itu, O’Riordan cs menelurkan hit single “Linger”.


Selanjutnya, Cranberries mengeluarkan album “No Need to Argue” yang menjadi nomor satu di Australia, Prancis dan Jerman, serta nomor enam di Amerika Serikat.


Album ini juga memunculkan single "Zombie" yang sarat bermuatan politis. Album ini mencapai nomor satu di seluruh Eropa. Cranberries juga menjual sekitar 40 juta rekaman album ini di seluruh dunia.

Setelah itu, band asal Irlandia ini juga sukses merilis album “To the Faithful Departed (1996)” dan “Bury the Hatchet (1999)”, serta “Wake Up and Smell the Coffee (2001)”.

Band yang dibentuk pada tahun 1989 ini sempat vakum pada tahun 2003. O'Riordon mengatakan kepada AFP dalam sebuah wawancara di tahun 2012 bahwa bandnya hanya perlu beristirahat karena telah terjebak dalam sebuah zona nyaman.


Beberapa tahun kemudian mereka bersatu kembali dalam sebuah reuni dan sukses membuat album “Roses” yang dikeluarkan pada 2011. Album terakhir Cranberries, yakni "Something Else" dirilis pada 2017 lalu.

Jauh sebelum meninggal, O’Riordan pernah membuat ulah yang membuatnya menjadi tajuk utama pemberitaan pada 2014 silam setelah mengaku bersalah karena menyerang tiga petugas polisi dan seorang pramugari saat penerbangan dari New York ke Irlandia. O’Riordan juga didiagnosis menderita gangguan bipolar tak lama kemudian.

Selain itu, Cranberries juga pernah membatalkan 14 konsernya pada 2017 saat tengah melakukan tur Eropa. Alasannya, O’Riordan mengalami gangguan kesehatan pada punggungnya.

O'Riordan menikahi Don Burton, mantan manajer tur Duran Duran tahun 1994. Namun pernikahan mereka kandas pada 2014. Dari hasil pernikahan itu, mereka dikarunia tiga orang anak. (osc/osc)