Penjualan Album The Cranberries Meningkat usai Dolores Wafat

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 18:09 WIB
Penjualan Album The Cranberries Meningkat usai Dolores Wafat Lagu-lagu The Cranberries kembali dicari setelah vokalisnya, Dolores O'Riordan meninggal. (REUTERS/Paul McErlane)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar duka dari Dolores O’Riordan membuat nama The Cranberries kembali mencuat dalam ingatan. Musik grup band yang dibentuk 1989 itu kembali diburu penggemarnya.

Terbukti, menurut catatan Amazon dan iTunes, penjualan album online Something Else milik band di mana Dolores menjadi vokalis itu meningkat. Peningkatan terjadi tak lama setelah sang vokalis ditemukan meninggal dunia di Inggris, Senin (15/1) pagi waktu setempat.

Melansir Daily Mail, album terbaru yang dirilis The Cranberries itu menempati urutan penjualan paling atas di Amazon. Terhitung penjualan di hari meninggalnya Dolores meningkat 913,350 persen.


Pada situs iTunes, lagu-lagu hits The Cranberries pada era 1990-an menempati urutan 10 besar. Lagu tersebut adalah Linger, Zombie dan Dreams.

Sejak dirilis, album Something Else sempat menempati urutan 17 tangga lagu Inggris dan urutan lima tangga lagu Amerika Serikat. Di negara lain album itu tidak terlalu menempati urutan tinggi.

Album Something Else dirilis pada 28 April lalu. Selain berisikan lagu baru, dalam album itu juga berisikan lagu hits The Cranberries seperti Zombie, Linger, Dream dan Animal Instinct yang dimainkan secara akustik.


Meninggalnya Dolores mengejutkan bukan hanya bagi penggemarnya, tetapi juga The Cranberries sendiri. Ia meninggal dalam usia 46 tahun. Dolores ditemukan di sebuah kamar hotel di London, kota di mana ia seharusnya menjalani sesi rekaman bersama Bad Wolves.

Sebelum meninggal, wanita yang lahir di Limerick, Irlandia itu mengunggah foto bersama kucing di Twitter pada 4 Januari, dengan judul: “Sampai jumpa Gio. Kami pergi ke Irlandia.”

Seumur hidupnya Dolores dekat dengan depresi dan gangguan bipolar. Namun hingga saat ini belum dipastikan apa yang menjadi penyebab meninggalnya sang vokalis. (rsa)