'Kulari ke Pantai' Bawa Kisah Kehidupan di Ujung Jawa Timur

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 19:12 WIB
'Kulari ke Pantai' Bawa Kisah Kehidupan di Ujung Jawa Timur Riri Riza menuturkan, dalam film anak-anak terbaru garapannya, 'Kulari ke Pantai', akan berlatar kehidupan di ujung Jawa Timur. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Awal tahun ini, sutradara Riri Riza mengumumkan sedang menggarap proyek film terbaru bertemakan anak dan keluarga yang diberi judul Kulari ke Pantai melalui media sosialnya.

Kepada CNNIndonesia.com, Riri yang dihubungi via telepon pada Selasa (16/1), memaparkan lebih lanjut terkait proyek yang menurut dia menjadi penyeimbang dalam berkarya.

"Untuk buat lagi film anak-anak sudah sejak lama ada di kepala kami. Jadi kayak dunia anak-anak itu penting untuk menjaga keseimbangan kami berkarya, karena bekerja dengan anak-anak, bercerita untuk mereka itu butuh semacam kepekaan tersendiri," tutur Riri mengawali.


[Gambas:Instagram]

Dia lantas mengungkapkan pertama kali ide pembuatan film Kulari ke Pantai muncul dari perjalanannya bersama sang produser Mira Lesmana, serta kru di Miles Film saat menggarap beberapa proyek film di sejumlah daerah di Indonesia.

Riri mengisahkan, perjalannnya ke berbagai pelosok Indonesia itu memberikan pandangan baru akan berbagai gaya hidup keluarga yang berbeda-beda antara satu daerah dengan yang lainnya.

"Tentu saja kalau tinggal di Jakarta, yang dekat itu cuma gaya hidup di Jakarta, begitu juga anak-anaknya. Tapi di daerah-daerah Indonesia itu banyak sekali kekayaan alam, iklim, yang melahirkan kebiasaan-kebiasaan berbeda juga," tambahnya lebih lanjut.


Pengalaman itulah yang membuat Riri terinspirasi membuat landasan kisah film Kulari ke Pantai. Film itu, menurut Riri, akan banyak mengisahkan perjalanan hidup yang kembali merangkul kekayaan alam dan budaya Indonesia, baik dari sisi masyarakat dan anak-anak.

"[Kisahnya] Lebih tentang perjalanan sebenarnya. Perjalanan ibu dan anaknya, dari sebuah titik yang sangat urban menjelajah ke sebuah tempat di mana ada fenomena alam yang luar biasa di bagian ujung Jawa Timur," kata Riri.

Riri menyebut, latar cerita Kulari ke Pantai akan mengambil perjalanan dari Jakarta ke sebuah taman nasional di Kabupaten Banyuwangi. "Bukan, bukan [Taman Nasional] Baluran," kata Riri.


Riri menyebut, tahapan film Kulari ke Pantai kini sudah memasuki masa pra-produksi. Ia berharap, film tersebut dapat tayang pada momen liburan di pertengahan tahun.

Namun, Riri mengatakan belum dapat mengungkap para pemain yang akan terlibat karena masih dalam tahap konfirmasi.

"Kalau pemain masih ada beberapa yang belum konfirmasi, jadi lebih baik saat sudah pasti semua nanti diumumkan," katanya.

Sebelum memproduksi Kulari ke Pantai, Riri Riza telah menyutradarai sejumlah film bertema anak dan keluarga, seperti Petualangan Sherina, Untuk Rena, Laskar Pelangi, dan kemudian Musikal Laskar Pelangi. (end)