Iqbaal Eks 'CJR' Belajar Baca Puisi 'Dilan' ke Reza Rahadian

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 17/01/2018 15:30 WIB
Iqbaal Eks 'CJR' Belajar Baca Puisi 'Dilan' ke Reza Rahadian Iqbaal eks CJR didapuk memerankan Dilan di film yang diadaptasi dari buku Pidi Baiq. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau diminta menyanyi, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan sudah biasa. Tapi membaca puisi adalah hal baru bagi mantan personel Coboy Junior itu. Masalahnya, Iqbaal dituntut membaca puisi saat bermain sebagai Dilan dalam film adaptasi buku Pidi Baiq, Dilan 1990.

Di salah satu adegan, Iqbaal sebagai Dilan menulis puisi untuk sang kekasih, Milea (Vanesha Prescilla). Milea 2 judulnya. Tak sekadar menulis, ia pun harus melafalkannya. Diakui Iqbaal, itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Lama banget, untuk [adegan pembacaan] puisi Milea 2 butuh waktu sampai satu setengah jam, diulang-ulang karena sulit sekali," katanya saat ditemui usai Gala Premier Dilan 1990 di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (16/1).



Salah satu faktornya, menurut Iqbaal, karena jeda antara pengambilan gambar untuk penulisan puisi itu dan perekaman suara untuk membacakannya terbilang cukup lama.

"Ini syutingnya sudah hampir setahun lalu, sedangkan untuk VO (voice over--pengisian suara) baru sebulan atau dua bulan lalu. Jadi memang ada gap di mana ketika saya masih menjadi seorang Dilan dan saya sudah jadi Iqbaal lagi. Jadi ketika harus balik jadi Dilan dan membaca puisi itu, ‘wah ini susah banget nih, harus membacanya sebagai Dilan,’” ungkap Iqbaal menjelaskan.

Ia melanjutkan, “Itu kan benar-benar VO enggak ada ekspresi, enggak ada apa-apa. Jadi buat saya saat itu sulit sekali.” Fajar Bustomi, sutradara Dilan 1990 sampai harus mengarahkannya langsung dan memintanya rekaman berulang kali.


Tapi Iqbaal tak kehilangan akal. Ia belajar berpuisi dengan menonton beberapa video. Salah satunya akting Reza Rahadian saat membacakan puisi dalam pentas Chairil Anwar.

“Supaya tahu bagaimana bacanya yang baik dan benar," katanya.

Meski kesulitan saat diminta membaca puisi, Iqbaal sudah punya bayangan tersendiri soal karakter Dilan bahkan sebelum ditawari memerankannya. Iqbaal lebih dulu baca bukunya.

"Jadi saya punya ekspektasi sendiri bagaimana Dilan itu bersikap dan segala macam.”

[Gambas:Youtube]

Sayangnya, ekspektasi itu sedikit berbeda saat ia berbincang dengan Pidi dan Fajar sebagai penulis dan sutradara. "Akhirnya kami mencoba gabungkan semua elemen dan bagian dari semua ekspektasi dan imajinasi kami dari Dilan,” remaja 18 tahun itu menuturkan.

Dari gabungan itu, ia melanjutkan, “Ini adalah versi Dilan terbaik, karena dari semua orang terkait sudah menggabungkan semua ekspektasinya."

Selain dibintangi Iqbaal dan Vanesha film Dilan 1990 turut didukung aksi Ira Wibowo, Happy Salma, Farhan, Giulio Parengkuan, Refal Hady, Zara JKT48, dan lainnya. Film tersebut direncanakan tayang pada 25 Januari mendatang.

(rsa)