SAG Awards Jadi Panggung Perempuan-perempuan Hollywood

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 06:30 WIB
Sebanyak 13 penghargaan yang diberikan di SAG Awards dipersembahkan oleh perempuan. Gala dinner-nya pun dipandu oleh seorang perempuan. SAG Awards 2018 diselenggarakan Minggu (21/1) malam waktu Amerika, di Los Angeles. (Reuters/Patrick T. Fallon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekali lagi isu keperempuanan punya panggung di Hollywood. Setelah salah satu ajang penghargaan terbesar, Golden Globe Awards kini Screen Actors Guild (SAG) Awards juga menempatkan isu yang sama dalam malam pentingnya, Minggu (21/1) waktu Amerika.

Buktinya, seperti diberitakan Reuters, 13 penghargaan yang akan diberikan di Los Angeles seluruhnya dipersembahkan oleh perempuan. Bukan hanya itu, gala dinner SAG Awards tahun ini juga dipandu oleh perempuan: Kristen Bell.

Kathy Connell, direktur eksekutif ajang itu mengatakan, “Kita merayakan tahunnya perempuan.”



Isu itu masih marak di Hollywood, setelah beberapa bulan lalu salah satu produser besar mereka, Harvey Weinstein dituding melakukan pelecehan seksual. Itu bahkan sudah terjadi selama lebih dari dua abad, sampai akhirnya korbannya berani bicara sekarang.

Setelah Weinstein, satu demi satu korban pelecehan seksual oleh aktor Hollywood bermunculan. Nama-nama seperti Kevin Spacey dan James Franco menjadi sorotan. Mereka yang ikut berkomentar dengan nada membela kaum pria pun ikut dikecam, seperti Matt Damon.

Atmosfer yang sama sudah terrasa sejak Golden Globes yang dilangsungkan awal Januari lalu. Bintang yang berdatangan mengenakan busana senada dan pin tanda simpati terhadap korban pelecehan seksual dan dukungan pada mereka untuk berani berbicara.


Tak hanya para bintang yang merayakan keperempuanan di ajang SAG Awards, film dan program televisi yang diberi penghargaan pun bertema senada.

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri misalnya, yang bercerita tentang seorang perempuan yang mencari keadilan atas peristiwa pemerkosaan dan pembunuhan putrinya oleh seorang petugas keamanan berseragam.

Lady Bird juga digadang-gadang menerima banyak penghargaan. Demikian pula dengan Mudbound, drama rasial Netflix yang disutradarai dan ditulis seorang perempuan. Serial Big Little Lies, The Handmaid’s Tale, The Crown, dan Orange is the New Black juga bersaing.

Mengutip Reuters, SAG Awards disebut bisa memprediksi Oscar atau Academy Awards, karena banyaknya aktor yang menjadi anggota AMPAS—penyelenggara Oscar—ikut memilih di kedua ajang penghargaan. (rsa)